PM Italia Mario Draghi. (Tobias SCHWARZ / AFP)
PM Italia Mario Draghi. (Tobias SCHWARZ / AFP)

PM Italia Klaim Putin Tak Akan Hadir di KTT G20, Rusia Meradang

Willy Haryono • 29 Juni 2022 18:35
Moskow: Perdana Menteri Italia Mario Draghi mengeklaim bahwa Presiden Joko Widodo mengatakan kepada dirinya mengenai Presiden Rusia Vladimir Putin yang tidak akan hadir di Konferensi Tingkat Tinggu (KTT) G20 pada November mendatang. Klaim tersebut disampaikan di penutupan KTT G7 di Schloss Elmau, Jerman pada Selasa kemarin.
 
Tak lama setelah pernyataan Draghi, Rusia dengan cepat melayangkan bantahan.
 
"Draghi bukan tokoh yang memutuskan mengenai hal ini," tegas penasihat kepresidenan Rusia, Yuri Ushakov.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami telah menerima undangan (dari Indonesia), dan kami telah merespons secara positif," sambungnya, berdasarkan laporan kantor berita Interfax, Rabu, 29 Juni 2022.
 
"Dia (Draghi) mungkin lupa bahwa dia sudah bukan lagi tuan rumah G20 seperti tahun lalu," tutur Ushakov.
 
Senin kemarin, Ushakov mengatakan bahwa Rusia tertarik berpartisipasi dalam KTT G20 di Bali pada 15-16 November mendatang. Ia mengatakan Putin telah diundang untuk hadir secara fisik.
 
Dalam konferensi pers penutupan KTT G7, Draghi mengeklaim bahwa Presiden Jokowi menginformasikan dirinya mengenai ketidakhadiran Putin secara fisik di KTT G20. "Partisipasi (Putin) dari jarak jauh bisa saja terjadi," tutur Draghi, merujuk pada kemungkinan kehadiran secara virtual.
 
Saat ini Presiden Jokowi sedang mengunjungi Ukraina dengan membawa misi perdamaian. Ia dijadwalkan bertemu langsung Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.
 
Setelah tiba di Kiev dengan menggunakan kereta api, Jokowi melihat situasi di area sekitar puing-puing apartemen yang rusak diserang pasukan Rusia di kota Irpin. “Kita harapkan tidak ada lagi kota-kota yang rusak di Ukraina akibat perang,” ujar Presiden Jokowi usai peninjauan di Kota Irpin.
 
Baca: Presiden Jokowi: Jangan Ada Lagi Kota di Ukraina Rusak Akibat Perang
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif