Wapres AS Mike Pence (kiri) dan cawapres dari Partai Demokrat, Kamala Harris. (BRENDAN SMIALOWSKI,SAUL LOEB/AFP/Getty)
Wapres AS Mike Pence (kiri) dan cawapres dari Partai Demokrat, Kamala Harris. (BRENDAN SMIALOWSKI,SAUL LOEB/AFP/Getty)

Isu Covid-19 Diperkirakan Dominasi Debat Cawapres AS

Internasional amerika serikat donald trump Pilpres AS 2020 Kamala Harris Mike Pence Debat Wakil Presiden Amerika
Willy Haryono • 07 Oktober 2020 07:30
Salt Lake City: Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence dan penantangnya dari Partai Demokrat, Senator Kamala Harris, dijadwalkan bertemu dalam acara debat cawapres AS yang akan digelar di Salt Lake City pada Rabu, 7 Oktober malam waktu AS atau Kamis, 8 Oktober pagi waktu Indonesia. Debat akan digelar saat Presiden AS Donald Trump menjalani pemulihan infeksi virus korona (covid-19).
 
Walau debat cawapres akan meliputi berbagai topik, isu seputar covid-19 diperkirakan mendominasi jalannya acara.
 
Dikutip dari Independent pada Rabu 7 Oktober 2020, pertemuan Pence dan Harris di Salt Lake City menjadi salah satu debat cawapres paling dinanti dalam sejarah AS. Pence diyakini akan membela berbagai kebijakan pemerintah AS di tengah pandemi covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara Harris diyakini akan melakukan hal sebaliknya, mengkritik dan mengecam berbagai langkah-langkah kontroversial yang sudah diambil sejauh ini.
 
Bagi Harris, debat ini adalah kesempatan terbaik untuk menyuarakan bagaimana capres Demokrat, Joe Biden, dapat menstabilkan AS di tengah pandemi covid-19 dan masalah diskriminasi rasial. Ia juga dapat menjelaskan pandangannya mengenai penegakan hukum, area kepakarannya karena dulu pernah menjadi seorang jaksa.
 
Debat juga menjadi kesempatan bagi para pemilih untuk memutuskan apakah Pence dan Harris berada dalam posisi siap untuk sewaktu-waktu menggantikan jabatan presiden. Pence bisa saja menjadi presiden jika kesehatan Trump memburuk, sementara Harris bisa menggantikan Biden jika terjadi suatu masalah karena usianya yang sudah menginjak 77 tahun.
 
Pence dan Harris akan hadir dalam sebuah panggung yang dipisahkan gelas kaca jenis plexiglass. Semua orang yang hadir dalam ruangan namun menolak menggunakan masker akan diminta untuk pergi.
 
Pernah bersama Trump dan beberapa pejabat lainnya pekan kemarin, Pence menghadapi pertanyaan apakah dirinya harus ada dalam acara debat. Pence telah berulang kali dinyatakan negatif covid-19, dan jajaran staf serta dokternya berkukuh sang wapres tidak perlu dikarantina di bawah panduan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).
 
CDC menyebut "kontak dekat" adalah orang yang pernah berada dalam jarak 1,8 meter dari individu terinfeksi covid-19 selama sedikitnya 15 menit, mula dari dua hari sebelum munculnya gejala atau hasil positif.
 
Tim Pence menolak permintaan Harris untuk memasang pembatas kaca, dengan alasan tidak diperlukan secara medis. Namun, Komisi Debat Presiden sudah menyepakati pemasangan kaca, dan tim Republik mengatakan Pence akan tetap hadir meski tidak setuju.
 
Baca:Kandidat Debat Cawapres AS akan Dibatasi Kaca Khusus
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif