Ilustrasi tentara Prancis/AFP.
Ilustrasi tentara Prancis/AFP.

Tewasnya Pimpinan ISIS Sahara Disebut Keberhasilan Besar

Internasional terorisme isis prancis politik prancis Emmanuel Macron
M Sholahadhin Azhar • 17 September 2021 03:00

Kelompoknya juga telah menculik orang asing di Sahel dan diyakini masih menahan warga Amerika Serikat, Jeffrey Woodke, yang diculik dari rumahnya di Niger pada 2016.
 
Pemimpin ekstremis itu lahir di wilayah Sahara Barat yang disengketakan dan kemudian bergabung dengan Front Polisario. Setelah menghabiskan waktu di Aljazair, ia pergi ke Mali utara di mana ia menjadi tokoh penting dalam kelompok yang dikenal sebagai MUJAO yang menguasai kota utama utara Gao pada tahun 2012.
 
Sebuah operasi militer yang dipimpin Prancis pada tahun berikutnya menggulingkan ekstremis Islam dari kekuasaan di Gao dan kota-kota utara lainnya, meskipun elemen-elemen itu kemudian berkumpul kembali dan kembali melakukan serangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kelompok Mali MUJAO setia kepada afiliasi regional al-Qaeda. Namun pada tahun 2015, al-Sahrawi merilis pesan audio yang menyatakan kesetiaan kepada kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah.
 
Militer Prancis telah memerangi ekstremis di wilayah Sahel di mana Prancis pernah menjadi kekuatan kolonial sejak intervensi 2013 di Mali utara.
 
Namun baru-baru ini diumumkan bahwa mereka akan mengurangi kehadiran militernya di wilayah tersebut, dengan rencana untuk menarik 2.000 tentara pada awal tahun depan.
 
Berita kematian Al-Sahrawi muncul saat perjuangan global Prancis melawan organisasi ISIS menjadi berita utama di Paris.
 
Terdakwa utama dalam persidangan serangan Paris 2015 mengatakan pada Rabu bahwa pembunuhan terkoordinasi itu sebagai pembalasan atas serangan udara Prancis terhadap kelompok Islamic State, menyebut kematian 130 orang yang tidak bersalah "bukan masalah pribadi" saat dia mengakui perannya untuk pertama kalinya.
 
(ADN)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif