Sekjen PBB Antonio Guterres. (AFP)
Sekjen PBB Antonio Guterres. (AFP)

Sekjen PBB akan Bertemu Vladimir Putin di Moskow Pekan Depan

Internasional ukraina pbb Vladimir Putin rusia Rusia-Ukraina Sekjen PBB Perang Rusia-Ukraina
Willy Haryono • 23 April 2022 11:51
New York: Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres berencana menemui Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow pada 26 April mendatang. Rencana kunjuungan disampaikan juru bicara Guterres, Stephen Dujarric, pada Jumat kemarin.
 
"Sekjen juga akan menggear rapat kerja dan makan siang dengan Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov," ucap Dujarric, dikutip dari Xinhua, Sabtu, 23 April 2022.
 
Guterres telah mengirim dua surat terpisah kepada misi permanen Rusia dan Ukraina di PBB. Ia meminta Vladimir Putin untuk menemuinya langsung di Moskow, dan di Kiev untuk Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dalam situasi seperti saat ini, beliau ingin mendiskusikan langkah-langkah urgen untuk menghadirkan perdamaian di Ukraina serta membicarakan masa depan multilateralisme berdasarkan Piagam PBB dan hukum internasional," sebut Dujarric.
 
"Beliau mengatakan Ukraina dan Federasi Rusia sama-sama anggtta pendiri PBB, dan selalu menjadi pendukung kuat organisasi ini," sambungnya.
 
Selasa kemarin, Guterres menyerukan jeda kemanusiaan di Ukraina selama empat hari agar prooses evakuasi warga dan penyaluran bantuan dapat berlangsung dengan aman.
 
"Alih-alih merayakan kehidupan baru, Paskah kali ini berlangsung dengan serangan Rusia di Ukraina timur. Konsentrasi intens pasukan dan senjata akan membuat perang ini lebih berdarah dan destruktif," sebut Guterres kala itu.
 
Lebih dari 4 juta orang di di Donetsk, Luhansk dan Mariupol, dan 12 juta di seantero Ukraina, membutuhkan makanan, minuman, obat-obatan dan bantuan lainnya.
 
Baca:  PBB Serukan Jeda Pertempuran di Ukraina Selama Paskah Ortodoks
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif