Pipa Nord Stream 1 disebut disabotase besar-besaran./AFP
Pipa Nord Stream 1 disebut disabotase besar-besaran./AFP

Penyelidik Swedia Temukan Bekas Bahan Peledak di Lokasi Pipa Nord Stream

Marcheilla Ariesta • 18 November 2022 20:03
Stockholm: Penyelidik menemukan jejak bahan peledak di lokasi pipa Nord Stream yang rusak. Mereka mengatakan sabotase besar-besaran telah terjadi.
 
Pihak berwenang Swedia dan Denmark sedang menyelidiki empat lubang di jalur pipa Nord Stream 1 dan 2 yang menghubungkan Rusia dan Jerman melalui Laut Baltik.
 
Lubang ini menjadi 'titik nyala' dalam krisis Ukraina.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Denmark bulan lalu mengatakan, penyelidikan awal menunjukkan kebocoran itu disebabkan ledakan kuat. "Analisis terkini menunjukkan jejak bahan peledak di beberapa objek yang ditemukan," kata Otoritas Kejaksaan Swedia dalam sebuah pernyataan, dilansir dari Al Arabiya, Jumat, 18 November 2022.
 
"Penyelidikannya sangat kompleks dan komprehensif. Penyelidikan yang sedang berlangsung akan menentukan apakah ada tersangka yang dapat diidentifikasi," tambah mereka.
 
Baca juga: Kabar Baik Buat Eropa, Pipa Gas Nord Stream 1 dan 2 Sudah Tidak Bocor
 
Kantor kejaksaan menolak memberikan komentar lebih lanjut.
 
Seismolog di Denmark dan Swedia sebelumnya mengatakan mereka telah mencatat getaran di sekitar kebocoran dan sinyalnya tidak mirip dengan gempa bumi.
 
Pecahnya pipa dasar laut pada 26 September, memuntahkan gas ke laut yang meluap ke permukaan pada minggu berikutnya, memicu peringatan bahaya publik dan ketakutan akan kerusakan lingkungan.
 
Sebuah bagian berukuran setidaknya 50 meter hilang dari Nord Stream 1. Hal ini dilaporkan harian Expressen Swedia pada 18 Oktober lalu.
 
Kementerian pertahanan Rusia bulan lalu mengatakan bahwa personel angkatan laut Inggris meledakkan pipa, klaim yang menurut London salah dan dirancang untuk mengalihkan perhatian dari kegagalan militer Rusia di Ukraina.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id.
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif