Presiden Portugal Marcelo Rebelo de Sousa. (Carlos Costa/AFP/Getty)
Presiden Portugal Marcelo Rebelo de Sousa. (Carlos Costa/AFP/Getty)

Presiden Portugal Rebelo de Sousa Positif Covid-19

Internasional Virus Korona pandemi covid-19 Portugal
Willy Haryono • 12 Januari 2021 12:34
Lisbon: Presiden Portugal Marcelo Rebelo de Sousa dinyatakan positif terjangkit virus korona (covid-19) pada Senin, 11 Januari. Ia menjadi satu dari sejumlah tokoh global yang terjangkit virus tersebut.
 
Dalam pernyataan dari kantor kepresidenan Portugal, Rebelo de Sousa dinyatakan terjangkit covid-19 walau tidak memperlihatkan gejala apapun atau asimtomatik.
 
Dikutip dari laman UPI pada Selasa, 12 Januari 2021, diagnosis positif Rebelo de Sousa terjadi saat dirinya sedang menjalani masa kampanye untuk melanjutkan kepemimpinan ke periode selanjutnya. Saat ini, ia sedang menjalani karantina mandiri di rumahnya di Lisbon.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Agenda sang presiden untuk beberapa hari ke depan, termasuk menghadiri acara debat pilpres dan bertemu jajaran pejabat kesehatan, terpaksa dibatalkan. Perdana Menteri Portugal Antonio Costa dan Menteri Kesehatan Marta Temido sudah mendapat informasi mengenai diagnosis positif Rebelo de Sousa.
 
Portugal mencatat angka kasus covid-19 di bawah 500 ribu dengan 8.000 kematian, namun mengalami lonjakan di kedua kategori itu dalam beberapa hari terakhir. Jumat kemarin, Portugal mencatat tambahan 10.176 infeksi dan 118 kematian, berdasarkan data dari agensi kesehatan DGS.
 
Karena lonjakan angka kasus dan kematian akibat covid-19 ini, Portugal berencana menerapkan kebijakan penguncian (lockdown) pada Rabu besok.
 
Rebelo de Sousa masuk jajaran sejumlah kepala negara yang terjangkit covid-19. Dua tokoh lain yang sempat menjadi perhatian dunia terkait diagnosis positif covid-19 adalah Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan PM Inggris Boris Johnson.
 
Baca:  Macron Mengaku Terkena Covid-19 karena Teledor
 
Berdasarkan data Johns Hopkins University pada Selasa ini, total kasus covid-19 di kancah global telah melampaui 90 juta dengan angka kematian hampir menyentuh 2 juta.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif