Mantan Presiden Kolombia Alvaro Uribe dinyatakan positif covid-19. Foto: AFP
Mantan Presiden Kolombia Alvaro Uribe dinyatakan positif covid-19. Foto: AFP

Jalani Tahanan Rumah, Mantan Presiden Kolombia Terinfeksi Covid-19

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona
Fajar Nugraha • 06 Agustus 2020 19:04
Bogota: Mantan Presiden Kolombia Alvaro Uribe dinyatakan positif terinfeksi virus korona. Kepastian itu muncul sehari sebelum Mahkamah Agung menempatkannya sebagai tahanan rumah.
 
“Uribe dalam keadaan sehat meskipun didiagnosis,” pernyataan Partai Pusat Demokrat kepada AFP, Kamis 6 Agustus 2020.
 
Pengadilan, yang mengadakan sidang Selasa atas tuduhan menghindari pemeriksaan, memerintahkan pria berusia 68 tahun itu untuk dikenakan tahanan rumah. Keputusan tahanan rumah dilakukan setelah ada ‘kemungkinan risiko’ dia mencoba untuk menghalangi keadilan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Media lokal berspekulasi tentang kesehatannya setelah melihat tim medis memasuki rumahnya di Cordoba utara.
 
Uribe, yang saat ini menjadi senator, menghadapi tuduhan suap dan penipuan prosedural. Dia diancam menjalani hukuman hingga delapan tahun penjara jika terbukti bersalah atas tuduhan bahwa dia menggunakan posisinya sebagai anggota parlemen untuk mengancam saksi.
 
Dia selalu bersikeras tidak bersalah dan mendapatkan dukungan populer yang kuat karena sikap garis kerasnya dalam memerangi gerilyawan kiri negara itu. Terutama milisi Pasukan Bersenjata Revolusioner Kolombia (FARC).
 
Berita tentang tahanan rumahnya membuat warga Kolombia turun ke ke jalan. Demonstran baik yang mendukung dan menentang Uribe tampak ramai dan tidak mengikuti protokol kesehatan.
 
Politisi sayap kanan itu diperiksa oleh hakim pada Oktober 2019. Ini adalah pertama kali seorang mantan presiden muncul di hadapan pengadilan tertinggi Kolombia.
 
Pada 2012, Uribe mengajukan pengaduan terhadap senator sayap kiri Ivan Cepeda. Menurut Uribe, Cepeda membuat plot palsu untuk mengaitkannya dengan kelompok paramiliter. Namun pada 2018, pengadilan malah membuka saksi yang merusak pemeriksaan terhadap Uribe.

 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif