Jet tempur Israel lepas landas dari Haifa. Foto: AFP
Jet tempur Israel lepas landas dari Haifa. Foto: AFP

Usai Tembak Mati Remaja Palestina, Israel Serang Gaza

Internasional jalur gaza palestina israel
Fajar Nugraha • 30 November 2019 09:07
Gaza: Sebuah pesawat perang Israel melancarkan serangan udara terhadap posisi kelompok pejuang Hamas di bagian utara jalur Gaza yang dikepung.
 
Serangan udara ini dilakukan beberapa jam setelah pasukan Israel menembak mati seorang remaja Palestina. Remaja Palestina itu ikut serta dalam demonstrasi di daerah kantong pantai, pada Jumat 29 November 2019.
 
Dalam sebuah pernyataan, militer Israel mengklaim bahwa agresi udara pada Jumat malam dilakukan sebagai tanggapan atas dugaan serangan roket oleh gerakan yang berbasis di Gaza ke wilayah Palestina yang diduduki beberapa jam sebelumnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sebelumnya malam ini, sebuah roket diluncurkan dari Jalur Gaza menuju Israel. Pesawat Israel menargetkan pos militer Hamas di Jalur Gaza utara,” ujar pihak Israel, seperti dikutip Press TV, Sabtu, 30 November 2019.
 
Belum ada laporan tentang kemungkinan kerusakan atau korban yang disebabkan oleh serangan udara Israel.
 
Militer Israel mengatakan roket Hamas yang diklaim telah diluncurkan ke arah penyelesaian Dewan Regional Eshkol di bagian selatan wilayah pendudukan dan mendarat di daerah terbuka tanpa menyebabkan kerusakan material dan korban.
 
Pada 12 November, rezim Israel membunuh seorang pemimpin senior gerakan Jihad Islam Palestina di Jalur Gaza. Serangan itu memicu gejolak dua hari yang merenggut nyawa 36 warga Palestina. Tidak ada orang Israel yang mati.
 
Lebih dari 400 roket ditembakkan ke Israel oleh kelompok-kelompok perlawanan Palestina setelah pembunuhan itu. Tembakan roket secara efektif melumpuhkan Tel Aviv dan bagian lain Israel.
 
Sebelumnya pada Jumat, pasukan Israel menembak mati Fahd Mohammed Walid al-Astal yang berusia 16 tahun dan melukai setidaknya lima warga Palestina lainnya. Kebanyakan dari korban adalah anak-anak, di sebelah timur Khan Yunis, di Jalur Gaza selatan.
 
Sumber-sumber lokal mengatakan bahwa pasukan Israel menembaki puluhan pria muda yang melakukan protes di timur kota. Unjuk rasa itu diadakan meskipun panitia mengumumkan pembatalan yang dijadwalkan Jumat.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif