Perayaan Canada Day di Hotel Fairmont, Jakarta Selatan, Senin 1 Juli 2019. (Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta)
Perayaan Canada Day di Hotel Fairmont, Jakarta Selatan, Senin 1 Juli 2019. (Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta)

Batik Kanada Diluncurkan dalam Perayaan Canada Day di Jakarta

Internasional indonesia-kanada
Marcheilla Ariesta • 02 Juli 2019 10:08
Jakarta: Batik Kanada diluncurkan dalam perayaan Canada Day yang ke-152 tahun di Jakarta. Duta Besar Kanada untuk Indonesia Peter McArthur menuturkan batik ini menjadi simbol penguatan kerja sama antara Kanada dan Indonesia.
 
"Dalam kesempatan berbahagia ini, izinkan saya meluncurkan Batik Kanada, sebagai simbol hubungan kedua negara yang semakin erat," tutur McArthur di Hotel Fairmont, Jakarta Selatan, Senin 1 Juli 2019.
 
Berwarna dasar putih, batik unik tersebut dihiasi daun-daun maple yang merupakan ciri khas negara Kanada. Menurut McArthur, batik ini juga menunjukkan ciri khas kedua negara yang sama-sama memiliki keragaman.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menambahkan, kedekatan Indonesia dan Kanada juga diperlihatkan Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Justin Trudeau yang bercengkrama dengan akrab di Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Osaka, Jepang, beberapa waktu lalu. Kedekatan keduanya membuat kerja sama kedua negara meningkat ke level selanjutnya.
 
Baca:Pemerintah Kanada Terkesan dengan Produk Lokal Indonesia
 
Saat ini, kerja sama antara Kanada dan Indonesia berkembang di berbagai bidang, salah satunya hubungan antarmasyarakat. McArthur mengatakan banyak mahasiswa Indonesia yang sedan atau telah mengenyam pendidikan di Negeri Maple. Warga Kanada juga mulai banyak yang memilih berwisata ke beberapa daerah di Indonesia.
 
Batik Kanada Diluncurkan dalam Perayaan Canada Day di Jakarta
Proses membuat Batik Kanada. (Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta)
 
Selain hubungan antarmasyarakat, kerja sama teknologi informasi juga terus didorong Indonesia dan Kanada. Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara mengatakan sejumlah kerja sama di bidang ini sedang dijajaki, termasuk pertukaran informasi.
 
"Kerja sama kita semakin erat, karena kita memiliki ketertarikan yang sama. Salah satunya kerja sama untuk mencegah media sosial sebagai platform untuk menyebarkan terorisme," ucap Rudiantara dalam pidatonya.
 
Dalam perayaan ini, Dubes McArthur didampingi oleh Dubes Kanada untuk ASEAN, Diedrah Kelly. Keduanya sempat mencoba membuat Batik Kanada dengan menorehkan lilin di atas kain yang polanya telah ditentukan.
 
Turut hadir dalam perayaan Canada Day adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Wakil Menteri Luar Negeri A.M Fachir, serta deretan pejabat, pengusaha dan dubes perwakilan negara sahabat Indonesia.
 
Batik Kanada Diluncurkan dalam Perayaan Canada Day di Jakarta
Proses membuat Batik Kanada. (Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta)
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif