Evakuasi besar-besaran warga Fiji saat dilanda gempa (Foto: ABC)
Evakuasi besar-besaran warga Fiji saat dilanda gempa (Foto: ABC)

Gempa 7,2 SR Guncang Fiji, Sempat Ada Ancaman Tsunami

Internasional gempa bumi fiji
Sonya Michaella • 04 Januari 2017 08:41
medcom.id, Suva: Gempa berkekuatan 7,2 Skala Richter (SR) mengguncang Fiji di awal tahun 2017. Setelahnya, peringatan tsunami pun sempat dikeluarkan oleh US Geological Survey (USGS).
 
Dilansir AFP, Rabu (4/1/2017), evakuasi besar-besaran pun dilakukan ketika gempa melanda pagi menjelang siang hari, waktu setempat tersebut.
 
Gempa ini terjadi 283 kilo meter dari ibu kota Fiji, Suva dan diikuti dua gempa susulan yang lebih kecil. Hingga saat ini, tak ada laporan korban tewas, terluka maupun kerusakan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pusat Tsunami Pasifik awalnya mengatakan gelombang tsunami dipastikan akan datang. Namun, ternyata gempa cepat berlalu dan warga bisa bernapas lega karena tsunami tidak menerjang Fiji.
 
"Gempa ini terjadi 200 kilometer di lepas pantai. Kami sangat beruntung," ucap seorang warga Suva.
 
Warga di Nadi, sisi barat pulau Fiji, mengatakan mereka merasakan tremor yang cukup kencang. Fiji memang terletak di 'Ring of Fire', zona tektonik aktif yang sering dilanda gempa bumi dan letusan gunung berapi.
 
Senin 2 Januari lalu, Fiji juga sempat diguncang gempa sebesar 6,3 SR. Negara tetangganya, Papua Nugini, sempat dihantam gempa 7,9 SR, bulan lalu.
 
Kegiatan alam ini, sebagian besar didorong oleh pergerakan lempeng tektonik Australia. Bergerak tujuh senti meter ke timur laut setiap tahun, hal itulah yang menyebabkan gempa di wilayah Pasifik.

 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif