Seorang prajurit Somalia berlari di lokasi ledakan bom dan baku tembak di kompleks kementerian di Mogadishu, Somalia, 23 Maret 2019. (Foto: AFP/MOHAMED ABDIWAHAB)
Seorang prajurit Somalia berlari di lokasi ledakan bom dan baku tembak di kompleks kementerian di Mogadishu, Somalia, 23 Maret 2019. (Foto: AFP/MOHAMED ABDIWAHAB)

Serangan Al Shabaab di Somalia Tewaskan Seorang Menteri

Internasional somalia al-shabaab
Arpan Rahman • 24 Maret 2019 12:17
Mogadishu: Seorang menteri menjadi satu dari lima korban tewas dalam serangan kelompok militan ke sebuah gedung pemerintah di Somalia. Wakil Menteri Tenaga Kerja Somalia Ibrahim Abdalla tewas di kantornya tak lama usai para penyerang menerobos masuk.
 
Pasukan keamanan Somalia kemudian terlibat baku tembak dengan sedikitnya lima penyerang. Petugas juga berusaha menyelamatkan beberapa pegawai negeri sipil yang terjebak di lokasi serangan.
 
Baku tembak terjadi setelah para militan melancarkan serangan bom mobil. Korban tewas dikhawatirkan bertambah karena puluhan orang berada di gedung tersebut saat serangan terjadi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kelompok militan Al Shabaab mengklaim bertanggung jawab atas serangan tersebut. Al Shabaab mengaku beberapa pejuangnya berhasil masuk ke gedung pemerintah, yang berlokasi tak jauh dari kantor agensi intelijen Somalia.
 
Kapten Mohamed Hussein, seorang polisi setempat, mengatakan bahwa pasukan keamanan telah berhasil mengakhiri serangan. Dia mengonfirmasi ada lima korban tewas, dan sedikitnya 10 terluka.
 
"Kami menangani 11 korban luka hari ini dalam serangan di gedung Kementerian Tenaga Kerja dan Urusan Sosial. Kami terus membantu masyarakat dengan pelayanan terbaik," tulis jasa ambulans Aamin Ambulance di akun Twitter, seperti dilansir dari laman Sky News, Minggu 24 Maret 2019.
 
Sejumlah saksi mata melihat asap putih membubung tinggi dari lokasi kejadian. Serangan serupa terjadi di Mogadishu pada Februari lalu, yang menewaskan 24 orang.
 
Serangan kala itu juga diawali dengan dua ledakan bom mobil, saat masyarakat sedang duduk di sejumlah restoran.
 
Al Shabaab, grup terafiliasi Al Qaeda, sering melancarkan bom bunuh diri dan penembakan di beberapa lokasi publik di Somalia, termasuk hotel dan kompleks pemerintahan. Al Shabaab adalah grup militan paling aktif di Afrika, yang selama bertahun-tahun berusaha menciptakan wilayah sendiri di Somalia.
 
Belakangan ini, militer Amerika Serikat melancarkan serangkaian serangan mematikan terhadal Al Shabaab.
 
Salah satu serangan itu dilancarkan di wilayah Hiran di Somalia pusat pada awal Maret. Serangan dilancarkan saat intensitas aksi kekerasan di Mogadishu meningkat.
 
Menurut laporan Komando Afrika AS (AFRICOM), serangkaian serangan udara di Hiran menewaskan 26 "teroris." AFRICOM tidak menyebutkan detail lebih lanjut, namun biasanya serangan udara AS di Somalia dilakukan dengan pesawat tanpa awak alias drone.
 
Baca: Serangan AS Tewaskan 26 Militan al-Shabaab di Somalia
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA18:59

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif