Sebuah kantor polisi dibakar demonstran di kota Isfahan, Iran, 17 November 2019. (Foto: AFP/STR)
Sebuah kantor polisi dibakar demonstran di kota Isfahan, Iran, 17 November 2019. (Foto: AFP/STR)

Amnesty Klaim Korban Tewas Demo Iran 106 Orang

Internasional iran
Arpan Rahman • 20 November 2019 14:45
Teheran: Organisasi Amnesty International mengklaim jumlah korban tewas dalam gelombang aksi protes menentang penaikan harga bahan bakar minyak di Iran mencapai sedikitnya 106 orang.
 
Angka tersebut disampaikan Amnesty dalam sebuah laporan yang dirilis pada Selasa 19 November 2019. Amnesty menyebut laporan itu disusun berdasarkan sejumlah "laporan kredibel."
 
Sejak unjuk rasa BBM meletus di Iran akhir pekan kemarin, pemerintah sama sekali belum merilis angka resmi kematian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami meyakini angka kematian sesungguhnya jauh lebih tinggi lagi. Ada beberapa laporan yang mengindikasikan sekitar 200 orang telah tewas terbunuh," ungkap Amnesty, dikutip dari Sky News.
 
Garda Revolusioner Iran telah memperingatkan demonstran untuk berhenti berbuat kerusakan. Sejauh ini, menurut laporan media nasional Iran, sedikitnya 100 bank, bangunan dan mobil dibakar pengunjuk rasa dalam aksi protes.
 
Pemerintah Iran telah membatasi akses internet di seantero negeri, dalam upaya menghalangi demonstran berbagi informasi dan video provokatif. Sementara polisi antihuru-hara dikerahkan untuk meredam amuk massa.
 
Senin kemarin, tiga aparat keamanan Iran tewas ditusuk oleh "para perusuh" di dekat Teheran. Sejumlah orang bersenjatakan pisau dan golok menyergap ketiga korban di wilayah barat ibu kota.
 
Ketiga korban diketahui sebagai seorang personel Garda Revolusioner Iran dan dua milisi Basij.
 
Sebelumnya, Pemerintah Iran telah mulai membagikan bantuan langsung tunai kepada 60 juta warga. Pemberian dana tunai ini merupakan janji Iran yang mengatakan langkah penjatahan dan penaikan memang bertujuan untuk membantu puluhan juta warga miskin.
 
Iran juga menyebut langkah terbaru ini merupakan bagian dari upaya mengalihkan subsidi ke sektor yang lebih penting. Penaikan harga BBM di Iran berkisar 50 hingga 300 persen.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif