Militer Turki bersiap di perbatasan dengan Suriah sebelum operasi melawan Kurdi Suriah. Foto: AFP
Militer Turki bersiap di perbatasan dengan Suriah sebelum operasi melawan Kurdi Suriah. Foto: AFP

Turki Bantah Sudah Memulai Operasi Militer ke Suriah

Internasional krisis suriah turki Turki serang Kurdi
Fajar Nugraha • 09 Oktober 2019 19:10
Ankara: Turki membantah bahwa mereka telah memulai operasi terhadap militan Kurdi di Suriah. Tetapi Turki mengatakan persiapannya sedang berlangsung.
 
"Laporan di beberapa media menyebutkan bahwa operasi telah dimulai tidak mencerminkan kenyataan. Operasi belum diluncurkan," kata Menteri Pertahanan Hulusi Akar, kepada kantor berita Anadolu, seperti dikutip AFP, Rabu, 9 Oktober 2019.
 
Akar sebelumnya mengatakan bahwa persiapan militer di sepanjang perbatasan selatan Turki terus berlanjut hingga Rabu ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Persiapan kami mengenai operasi sedang berlangsung. Transfer dan persiapan pasukan masih berlangsung," ujar Menhan Akar.
 
Koresponden AFP di perbatasan melihat langsung kedatangan konvoi besar kendaraan militer Turki di Kota Akcakale, Provinsi Sanliurfa.
 
Pasukan Demokrat Suriah (SDF) yang dipimpin milisi Kurdi mengatakan, militer Turki sedang mempersiapkan wilayah tembaka di perbatasan Sere Kaniye.
 
Wilayah Sere Kaniye adalah salah satu posisi dari mana pasukan AS menarik diri awal pekan ini. Presiden Donald Trump secara tegas menolak untuk turut serta dalam operasi Turki karena sudah berhasil mengalahkan militan Islamic State (ISIS).
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif