Ka'bah. Foto: AFP
Ka'bah. Foto: AFP

WNI Jemaah Umrah Tiba di Indonesia Malam Ini

Internasional Virus Korona
Marcheilla Ariesta • 09 April 2020 22:19
Jakarta: Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) membenarkan adanya pemulangan Warga negara Indonesia (WNI) jemaah umrah yang telah overstay sejak 1 September 2019. Para WNI itu kemungkinan tiba di Tanah Air malam ini.
 
"Rencananya mereka akan tiba malam ini dengan penerbangan yang sudah disiapkan pemerintah Arab Saudi," kata Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha dalam jumpa pers virtual, Kamis, 9 April 2020.
 
Selain para WNI jemaah umrah tersebut, ada WNI yang dideportasi karena masalah keimigrasian. Namun, Judha tidak memerinci jumlahnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Judha, WNI itu nantinya akan diminta melakukan karantina mandiri selama 14 hari. Mereka, kata dia, telah melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum keberangkatan dan akan dilakukan hal sama saat tiba.
 
"Pada saat tiba, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), sesuai dengan protokol kesehatan yang ada akan melakukan pemeriksaan tambahan," katanya.
 
Baca: 984 WNI Terjebak di Luar Negeri karena Covid-19
 
Pemeriksaan tambahan itu berupa pengukuran suhu tubuh, saturasi oksigen, dan akan mengecek ada tidaknya gejala covid-19. Para WNI jemaah umrah juga akan diminta mengisi kartu tanda sehat dan melakukan karantina mandiri selama 14 hari.
 
"Bagi yang menunjukkan tanda-tanda flu atau demam, maka akan langsung diproses karantina," ujarnya.
 
Pemerintah Arab Saudi memutuskan untuk memberikan pengampunan bagi WNI yang overstay atau melewati batas izin tinggal pada akhir Maret lalu. Kebijakan ini diambil karena banyak penerbangan yang dibatalkan di sejumlah negara asal para jemaah umrah akibat menyebarnya infeksi virus covid-19 di seluruh dunia.
 
Kedutaan Arab Saudi di Jakarta saat itu meminta pemerintah Indonesia menyediakan moda transportasi untuk para WNI agar kembali ke Tanah Air. Namun, akhirnya pemerintah Negeri Petro Dolar yang menyediakan pesawat untuk kepulangan WNI.
 

(JMS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif