Sederhananya Makam WNI yang Dieksekusi di Arab Saudi
Duta Besar Republik Indonesia untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegabriel di makam Zaini Misrin (Foto: Metro TV).
Riyadh: Mohammad Zaini Misrin dimakamkam di Arab Saudi sesudah dieksekusi mati. Makamnya pun sederhana.
 
Duta Besar Republik Indonesia untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegabriel, melawat ke makam dari warga negara Indonesia yang dieksekusi Minggu 18 Maret 2018.
 
(Baca: Tanpa Pemberitahuan, Arab Saudi Eksekusi Mati TKI Asal Jatim).
 
Video dan foto yang didapatkan oleh Metro TV dari Dubes Agus dan ditayangkan pada Metro Pagi Primetime, memperlihatkan makam yang hanya ditandai batu tanpa tulisan apapun. Hal ini seperti makam umumnya di Negeri Petrodolar itu.
 
Dubes Agus pun menyempatkan diri untuk berdoa dan melaksanakan salat ghaib di hadapan makam tersebut.
 
Zaini diketahui pertama kali datang ke Arab Saudi pada 1992 dengan bekerja sebagai sopir pribadi. Sempat kembali ke Indonesia, Zaini bekerja lagi di Arab Saudi pada 1996 di majikan yang sama, yaitu majikan yang dilaporkan meninggal tersebut.
 
Ia ditangkap pada 2004 oleh polisi Mekkah dengan tuduhan membunuh majikannya. Laporan ini didapat dari anak kandung sang majikan.
 
Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri RI Lalu Muhamad Iqbal menyebutkan, Pemerintah Indonesia sangat menyayangkan sikap Arab Saudi yang tak mengirimkan notifikasi dan sekadar memberitahu soal eksekusi mati Zaini.
 
(Baca: WNI Dieksekusi, Kemenlu Panggil Dubes Arab Saudi).
 
"Terlebih, Zaini dieksekusi di tengah proses Peninjauan Kembali (PK) kedua yang tengah berjalan. PK pertama yang diajukan pada 2017 sudah ditolak oleh Arab Saudi," ujar Iqbal di kantor Kemenlu RI, pada Senin 19 Maret 2018.
 
Senin 19 Maret 2018, Kemenlu RI pun memanggil Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Osama bin Muhammad Al Shuaibi. Pemanggilan Dubes Osama juga bersamaan dengan penyerahan nota protes dari Indonesia kepada Pemerintah Arab Saudi.
 
Duta Besar RI untuk Arab Saudi juga dipastikan akan mengirimkan langsung nota protes ke Kemenlu Arab Saudi.

 
 



(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id