Polisi menangjap sejumlah orang dalam demonstrasi hari buruh di Istanbul, Turki, 1 Mei 2018. (Foto: AFP)
Polisi menangjap sejumlah orang dalam demonstrasi hari buruh di Istanbul, Turki, 1 Mei 2018. (Foto: AFP)

Hari Buruh, Polisi Turki Tangkap 137 Demonstran

Internasional hari buruh turki
Sonya Michaella • 02 Mei 2019 10:32
Istanbul: Kepolisian Turki menangkap 137 demonstran di Istanbul dalam unjuk rasa peringatan Hari Buruh. Penangkapan ini terjadi karena para demonstran menggelar unjuk rasa secara ilegal.
 
Polisi mengepung alun-alun Taksim di pusat kota Istanbul. Namun sejumlah demonstran tetap bertahan di sana untuk memprotes pemerintah mengenai upah buruh.
 
Hingga pukul 16.00 sore waktu setempat, ratusan pengunjuk rasa di sejumlah titik di Istanbul, termasuk Distrik Besiktas, Sisli dan Beyoglu, ditangkap.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Alun-alun itu milik rakyat dan tidak bisa ditutup. Hidup Hari Buruh!" teriak para demonstran ketika polisi menyeret mereka pergi, dikutip dari laman AFP, Kamis 2 Mei 2019.
 
Aksi protes Hari Buruh digelar hampir setiap tahun di Turki. Kepolisian Turki pun hampir selalu melakukan penangkapan saat momen tersebut, yang biasanya selalu terpusat di alun-alun Taksim.
 
Selain di Istanbul, kepolisian Turki juga mencegah dan menghalau unjuk rasa serupa di beberapa daerah lainnya. Di ibu kota Ankara, pembatasan akses di sejumlah ruas jalan diberlakukan mengantisipasi Hari Buruh Internasional.
 
Sebelumnya pada Rabu 1 Mei, polisi sempat mengizinkan aksi unjuk rasa yang dilakukan segelintir pemimpin serikat buruh, yang pada akhirnya juga berujung di alun-alun Taksim. Beberapa kelompok lain juga diizinkan berdemo karena hanya melakukan parade legal di tengah Hari Buruh Internasional.
 
Sementara di Indonesia, salah satu tuntutan utama demonstran di Hari Buruh adalah penghapusan sistem tenaga kerja alih daya atau outsourcing.
 
Menurut pengunjuk rasa, sistem outsourcing tidak memberikan kepastian masa depan kesejahteraan bagi pekerja, dan justru menguatkan tekanan dari pihak manajemen perusahaan kepada tenaga kerja.
 
Baca:Penghapusan Outsourcing Jadi Salah Satu Tuntutan Buruh
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif