Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman. (Foto: AFP).
Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman. (Foto: AFP).

PBB Minta Putra Mahkota Arab Saudi Diselidiki

Internasional Jamal Khashoggi
Marcheilla Ariesta • 20 Juni 2019 16:05
New York: Pelapor khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Agnes Callamard mengatakan ada bukti Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MbS) terlibat dalam pembunuhan Jamal Khashoggi. Dia meminta agar Pangeran Mohammed diselidiki.
 
"Ada bukti kredibel mengenai tanggung jawab Putra Mahkota yang mengharuskan penyelidikan lebih lanjut," tutur Callamard, dilansir dari laman BBC, Kamis, 20 Juni 2019.
 
Callamard mengatakan investigasi lebih lanjut diperlukan demi mengetahui sejauh mana keterlibatan MbS dalam pembunuhan Khashoggi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Apakah dia secara langsung atau tidak langsung menghasut pembunuhan itu, apakah dia seharusnya bisa mencegah eksekusi ketika misi (pembunuhan) berlangsung dan gagal menggagalkannya," papar Callamard.
 
Baca juga:Arab Saudi Tegaskan Putra Mahkota Tak Terlibat Pembunuhan
 
Menurut Callamard, Khashoggi telah menjadi korban dari pembunuhan yang disengaja dan direncanakan. Dia menekankan bahwa siapa pun yang berbuat salah pantas dianggap bersalah.
 
Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel al-Jubeir, menegaskan Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman tidak terlibat dalam kasus pembunuhan Jamal Khashoggi. Mereka bahkan menolak laporan pelapor khusus PBB tersebut.
 
Khashoggi merupakan seorang kolumnis Washington Post yang kerap mengkritik kerajaan Arab Saudi, terutama Pangeran Mohammed. Dia tewas dibunuh di Konsulat Jenderal Arab Saudi yang berada di Istanbul, Turki.
 
Meski sempat membantah, Saudi akhirnya mengakui bahwa Khashoggi tewas di dalam gedung konsulatnya. Namun, Riyadh berkeras bahwa kerajaan tak terlibat pembunuhan jurnalis itu.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif