Daniel arap Moi saat dilantik menjadi presiden Kenya di tahun 1998. (Foto: AFP/ALEXANDER JOE)
Daniel arap Moi saat dilantik menjadi presiden Kenya di tahun 1998. (Foto: AFP/ALEXANDER JOE)

Pemimpin Terlama Kenya Meninggal di Usia 95 Tahun

Internasional kenya
Arpan Rahman • 05 Februari 2020 12:59
Nairobi: Pemimpin terlama Kenya, Daniel arap Moi, meninggal dunia di usia 95 tahun. Ia merupakan tokoh yang berhasil menstabilkan Kenya usai negara tersebut mendeklarasikan kemerdekaan.
 
"Negara dan benua kita sangat diberkati oleh dedikasi dan pengabdian Moi," kata Presiden Kenya Uhuru Kenyatta, dikutip dari Sky News, Selasa 4 Februari 2020.
 
Ia mengatakan Moi telah menghabiskan "hampir separuh kehidupannya untuk mengabdi kepada Kenya dan Afrika."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Moi meninggal di sebuah rumah sakit di Kenya pada Selasa, pukul 05.20 waktu setempat. Anak Moi, Gideon Moi, mengatakan bahwa sang ayah tutup usia dengan dikelilingi keluarga tercinta.
 
Seorang putra penggembala hewan ternak dan mantan kepala sekolah, Moi memimpin Kenya dari tahun 1978 hingga 2002. Meski berhasil menstabilkan Kenya yang bangkit dari kolonialisme, Moi kesulitan memberantas korupsi dan kemiskinan di negaranya.
 
Saat menjadi presiden, ia memperkenalkan pluralisme politik di Kenya. Namun di waktu bersamaan, Kenya juga semakin terjerembab ke arah kediktatoran.
 
Biasa memegang sebuah tongkat gading, Moi menjadi presiden setelah masa kepemimpinan tokoh kemerdekaan Jomo Kenyatta. Saat Jomo Kenyatta menjadi presiden, Moi menjabat sebagai wakilnya.
 
Sejumlah diplomat mengatakan sebuah percobaan kudeta telah mengubah Moi menjadi seorang otokrat keras. Ia pernah membangun sebuah ruangan penyiksaan di Nairobi bagi siapapun yang berani menentangnya.
 
Ribuan aktivis, mahasiswa dan akademisi pernah ditahan di penjara bawah tanah di Kenya tanpa ada dakwaan apapun. Beberapa dari penjara bawah tanah itu terkadang terisi air.
 
Pada 2002, Moi mengejutkan semua orang dengan mengizinkan adanya pemilihan umum yang bebas dan adil. Kala itu, Uhuru Kenyatta yang merupakan anak didik Moi kalah telak dalam pemilu.
 
Memasuki usia pensiun di tahun tersebut, Moi tinggal di kediaman mewahnya di Rift Valley selama bertahun-tahun.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif