Pihak keamanan Irak di sekitar terbaliknya kapal feri yang menewaskan 83 orang. (Foto: AAP).
Pihak keamanan Irak di sekitar terbaliknya kapal feri yang menewaskan 83 orang. (Foto: AAP).

83 Tewas Akibat Kapal Feri Terbalik di Irak

Internasional kecelakaan kapal irak
Fajar Nugraha • 22 Maret 2019 07:08
Baghdad: Setidaknya 83 orang tewas setelah kapal feri yang kelebihan muatan tenggelam di Sungai Tigris di Irak utara, Kamis 21 Maret 2019.
 
Tragedi itu terjadi di dekat kota Mosul pada 21 Maret saat perayaan yang menandai Nowrouz, tahun baru Persia sebelum Islam.
 
Kolonel Hussam Khalil, kepala pertahanan sipil di Provinsi Nineveh, mengatakan bahwa banyak yang menjadi korban adalah perempuan dan anak-anak. Dia menambahkan bahwa operasi pencarian masih berlangsung di Sungai Tigris.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Laporan mengatakan perahu itu penuh dengan pria, wanita, dan anak-anak menuju ke daerah wisata sebagai bagian dari perayaan Nowrouz.
 
Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Mayor Jenderal Saad Maan mengatakan bahwa 55 orang telah diselamatkan.
 
"Kapal itu tenggelam karena terlalu banyak penumpang di dalamnya - lebih dari 100," kata seorang pejabat keamanan tak dikenal yang berbasis di Mosul seperti dikutip The National, Jumat, 22 Maret 2019.
 
Perdana Menteri Irak Adel Abdel Mahdi menetapkan tiga hari berkabung nasional ketika ia mengunjungi lokasi kecelakaan. Dia juga memerintahkan penyelidikan "segera" atas kecelakaan itu, kata kantornya.
 
Pada 2017, pasukan Irak merebut kembali Mosul dari kelompok ekstrimis Islamic State (ISIS) setelah kampanye yang menghancurkan.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif