Serangan pasukan Turki di wilayah Suriah yang dikuasai Kurdi picu kaburnya tahanan ISIS. Foto: AFP
Serangan pasukan Turki di wilayah Suriah yang dikuasai Kurdi picu kaburnya tahanan ISIS. Foto: AFP

Lebih dari 100 Tahanan ISIS Kabur dari Suriah

Internasional isis Turki serang Kurdi
Medcom • 24 Oktober 2019 10:52
Washington: Lebih dari 100 tahanan militan Islamic State (ISIS) dikabarkan melarikan diri dari Suriah sejak terjadi kekacauan atas serangan Turki.
 
"Kami menyatakan jumlahnya sekarang lebih dari 100 tahanan. Kami tidak tahu keberadaan mereka," ungkap James Jeffrey, petinggi Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat kepada Komite Urusan Luar Negeri DPR AS.
 
Turki melancarkan operasi militer di Suriah setelah Presiden Donald Trump menyetujui terkait penarikan pasukan AS yang bersekutu dengan Pasukan Demokrat Suriah (SDF).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jeffrey mengatakan bahwa milisi Kurdi masih menjaga para tahanan dari kelompok ekstremis. Mereka juga memperingatkan bahwa mereka akan perlu mencurahkan tenaga sumber daya untuk melawan Turki sebagai gantinya.
 
"Hampir semua penjara yang dimonitori SDF masih dalam kondisi aman. SDF masih memiliki pasukan di sana," kata Jeffrey, dikutip dari France24, Kamis, 24 Oktober 2019.
 
"Kami memantau sebaik mungkin. Kami masih memiliki warga-warga di Suriah yang bekerja dengan SDF dan salah satu prioritas itu adalah penjara-penjara ini," imbuh dia.
 
Pasukan Kurdi menarik diri dari daerah perbatasan utama sebagai bagian dari perjanjian yang ditengahi AS dengan Turki untuk mengakhiri serangan.
 
Turki menghubungkan para pasukan Kurdi Suriah dengan separatis PKK di negara mereka, yang dianggap sebagai kelompok teroris oleh Amerika Serikat dan Uni Eropa.
 

 

 

Penulis: Rifqi Akbar
 

(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif