Pesawat listrik komersil DHC-2 de Havilland Beaver melakukan uji coba penerbangan perdana di Sungai Fraser, Vancouver, Kanada, 10 Desember 2019. (Foto: AFP/DON MACKINNON)
Pesawat listrik komersil DHC-2 de Havilland Beaver melakukan uji coba penerbangan perdana di Sungai Fraser, Vancouver, Kanada, 10 Desember 2019. (Foto: AFP/DON MACKINNON)

Pesawat Listrik Komersil Pertama Terbang di Kanada

Internasional penerbangan dunia politik kanada
Willy Haryono • 11 Desember 2019 10:37
Vancouver: Pesawat listrik komersil pertama di dunia melakukan uji coba penerbangan perdana di Kanada. Pesawat itu lepas landas dari kota Vancouver pada Selasa 10 Desember 2019.
 
"Ini membuktikan bahwa penerbangan komersil yang keseluruhannya bergerak dengan listrik dapat berjalan dengan baik," ujar Roei Ganzarski, kepala eksekutif perusahaan teknik Magnix.
 
Magnix mendesain mesin pesawat listrik tersebut, dan bekerja sama dengan Harbour Air. Harbour air adalah maskapai yang rata-rata membawa setengah juta penumpang per tahun dengan rute penerbangan dari Vancouver ke beberapa resor atau pulau wisata.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ganzarski mengatakan pesawat yang disepenuhnya digerakkan listrik ini dapat menghemat biaya operasional maskapai secara signifikan. Selain itu, pesawat listrik juga sama sekali tidak mengeluarkan emisi berbahaya.
 
"Pesawat ini adalah awal dari era penerbangan elektrik," tutur Ganzarski, dikutip dari AFP.
 
Penerbangan sipil adalah salah satu kontributor emisi karbon yang memperparah pemanasan global. Sejumlah pihak berusaha membuat teknologi penerbangan yang lebih ramah lingkungan, namun belum menghasilkan terobosan berarti.
 
Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) selama ini mendorong penggunaan mesin pesawat dengan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan. Tidak hanya itu, ICAO juga mendorong semua maskapai untuk memiliki pesawat dengan material yang lebih ringin dan mengoptimalkan pemilihan rute penerbangan.
 
Diterbangkan pilot Greg McDougall, pesawat listrik DHC-2 de Havilland Beaver dilengkapi dengan motor elektrik. Pesawat kecil ini memiliki daya tampung enam penumpang.
 
McDouggal adalah pendiri dan kepala eksekutif Harbour Air.
 
"Bagi saya, penerbangan tadi seperti membawa pesawat amfibi, tapi yang digerakkan dengan tenaga listrik," sebut McDougall, pendiri dan kepala eksekutif Harbour Air.
 
McDougall menerbangkan pesawat listrik itu mengelilingi Sungai Fraser di dekat Bandara Internasional Vancouver di hadapan sekitar 100 orang, tak lama usai matahari terbit.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif