Kapal induk AS USS Abraham Lincoln. (Foto: AFP)
Kapal induk AS USS Abraham Lincoln. (Foto: AFP)

Iran Yakin AS Tidak Akan Berani Memulai Perang

Internasional amerika serikat nuklir iran iran
Arpan Rahman • 13 Mei 2019 17:00
Teheran: Garda Revolusioner Iran (IRGC) menyebut Amerika Serikat "tidak memiliki kemampuan" memadai untuk berperang melawan Teheran.
 
Dalam kunjungan ke parlemen Iran pada Minggu 12 Mei 2019, Komandan IRGC Mayor Jenderal Hossein Salami meyakini AS tidak akan melancarkan aksi militer terhadap Iran. Keyakinan itu, sambung Salami, didasarkan pada kekuatan angkatan bersenjata Iran dan "kerentanan" armada kapal induk AS.
 
"AS berusaha mengintimidasi rakyat dan beberapa perwira militer mengenai kemungkinan meletusnya perang," ujar Salami, dikutip oleh kantor berita Fars.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Perang Amerika melawan Iran tidak mungkin terjadi, karena Washington tidak memiliki kemampuan dan juga keberanian untuk melakukannya," tegas dia.
 
Salami menilai pengerahan kapal USS Abraham Lincoln dan USS Arlington ke Timur Tengah bukan merupakan ancaman bagi Iran. Mohammad Pourmokhtar, salah seorang menteri di jajaran kabinet Iran, sepakat dengan pernyataan Salami.
 
"Mengerahkan kapal induk ke perairan di kawasan oleh Amerika hanyalah bentuk perang psikologi," tutur Pourmokhtar.
 
"Amerika akan ragu-ragu dalam mengambil risiko (memulai perang), karena kuatnya pertahanan Iran serta kerentanan kapal induk mereka," lanjut dia.
 
Ketegangan terbaru antara kedua negara terjadi usai Iran menangguhkan sebagian komitmennya terhadap perjanjian nuklir 2015. Perjanjian bertajuk Joint Comprehensive Plan of Action itu disepakati Iran dan enam negara lainnya empat tahun lalu.
 
Awal Mei lalu, AS mengirim armada tipe penyerang lengkap dengan kapal induk ke Timur Tengah sebagai sebuah "pesan" untuk Iran.
 
"Merespons sejumlah indikasi dan peringatan, AS mengirim Armada Penyerangan Kapal Induk USS Abraham Lincoln dan satuan tugas pengebom ke wilayah Komando Pusat AS," kata Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton.
 
"Pengerahan (armada) bertujuan untuk mengirimkan sebuah pesan yang jelas kepada rezim Iran, bahwa setiap serangan terhadap kepentingan Amerika Serikat atau mitra kami, akan mendapat balasan setimpal," tegasnya.
 
Baca:Diancam Iran, AS Kirim Armada Tambahan ke Timur Tengah
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif