Warga bersama-sama mendorong mobil di tengah banjir yang dipicu Siklon Kenneth di Mazive, Mozambik, 28 April 2019. (Foto: AFP/EMIDIO JOSINE)
Warga bersama-sama mendorong mobil di tengah banjir yang dipicu Siklon Kenneth di Mazive, Mozambik, 28 April 2019. (Foto: AFP/EMIDIO JOSINE)

Banjir akibat Siklon Kenneth Masih Mengancam Mozambik

Willy Haryono • 30 April 2019 11:55
Pemba: Korban tewas akibat Siklon Kenneth di Mozambik bertambah menjadi 38 orang. Kenneth adalah siklon kedua di di musim yang sama di Mozambik usai sebelumnya diterjang Siklon Idai.
 
Otoritas Mozambik memprediksi hujan deras masih akan terus mengguyur, terutama di wilayah utara. Banjir juga diprediksi akan terjadi di kota pelabuhan Pemba dan area sekitarnya.
 
Dilansir dari laman tvnz.co.nz, sekitar 160 ribu orang masuk kategori rentan di tengah terjangan Siklon Kenneth, yang melanda dalam kurun waktu enam pekan usai Idai. Siklon Idai sendiri telah menewaskan lebih dari 600 orang bulan lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Risiko tertinggi banjir ada di beberapa wilayah di provinsi Cabo Delgado, termasuk Ibo Island dan distrik Macomia serta Quissanga," ujar otoritas setempat.
 
Di provinsi Cabo Delgao, lebih dari 35 ribu bangunan dan rumah warga dilaporkan tergenang sebagian hingga seluruhnya oleh banjir.
 
Sejumlah relawan mendeskripsikan adanya "kehancuran total" di sepanjang garis pantai sepanjang 60 kilometer di Mozambik.
 
Kenneth adalah siklon tropis pertama dengan kekuatan setara badai yang melanda Cabo Delgado sejak 60 tahun terakhir. Kenneth tiba di Cabo Delgado, sekitar 100 kilometer dari Pemba, pada Kamis malam. Selama 10 menit, kecepatan putaran angin Kenneth sempat mencapai 200 km per jam, setara dengan kekuatan badai Kategori 4 di Atlantik atau Pasifik.
 
Sekitar 90 persen rumah di desa utama di Ibo Island hancur terkena Kenneth. Ibo terletak di dekat lokasi pertama kali datangnya Kenneth di Mozambik.
 
Aliran listrik terputus di Ibo Island, dan jaringan telepon juga menghilang usai Kenneth menjatuhkan sebuah menara telekomunikasi.
 
Sebelum tiba di Mozambik, Kenneth menewaskan tiga orang di negara pulau Komoro pada Rabu malam.
 
Baca: Siklon Kenneth Sisakan Kehancuran di Mozambik
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif