Kembang api menyala di desa Deir al-Hatab, Tepi Barat, 22 September 2019. (Foto: AFP Photo/Jaafar ASHTIYEH)
Kembang api menyala di desa Deir al-Hatab, Tepi Barat, 22 September 2019. (Foto: AFP Photo/Jaafar ASHTIYEH)

Israel Padamkan Listrik di Sebagian Tepi Barat

Internasional pemadaman listrik palestina israel
Willy Haryono • 23 September 2019 07:38
Tel Aviv: Perusahaan listrik nasional Israel memadamkan aliran listrik ke sebagian Tepi Barat, Minggu 22 September. Alasan pemadaman adalah tunggakan listrik yang membengkak hingga hampir mencapai USD483 juta atau setara Rp6,7 triliun.
 
Korporasi Elektrik Israel mengatakan tunggakan sebesar itu belum juga dibayarkan oleh distributor listrik utama Palestina di Tepi Barat yang berbasis di Yerusalem Timur.
 
"Mulai Senin 23 September 2019, kami akan mengurangi aliran listrik di beberapa area di Tepi Barat perihal tunggakan," ujar pernyataan resmi Korporasi Elektrik Israel, dikutip dari AFP.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pihak perusahaan menyebut langkah pemadaman dan pembatasan aliran listrik terpaksa dilakukan karena tidak ada alternatif lain. Namun Otoritas Palestina mengecam langkah tersebut, dan menilainya sebagai sebuah "pemerasan."
 
"Pemerintah pendudukan (Israel), melalui sanksi dan eksploitasi utang listrik ini, berusaha menekan pemerintah Palestina untuk menerima sebuah perjanjian yang tidak menghormati hak-hak warga Palestina," kata kepala otoritas energi Palestina, Zafer Melhem.
 
Otoritas Palestina mengklaim telah membayar utang tagihan listrik dengan nilai hampir USD100 juta (Rp1,4 triliun) dalam dua bulan terakhir.
 
Sementara itu, Kementerian Kesehatan Palestina memperingatkan bahwa pemadaman dan pembatasan aliran listrik ini dapat berimbas pada operasional sejumlah rumah sakit dan pusat medis.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif