Pasukan SDF di Al Hazeema, Suriah. (Foto: AFP)
Pasukan SDF di Al Hazeema, Suriah. (Foto: AFP)

Pertempuran Besar Terjadi di Wilayah Terakhir ISIS

Internasional krisis suriah isis konflik suriah
Willy Haryono • 10 Februari 2019 19:22
Deir Ezzor: Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang didukung Amerika Serikat melancarkan sebuah serangan besar-besaran untuk menghabisi Islamic State (ISIS) di wilayah terakhir yang masih dikuasai kelompok militan tersebut di Suriah.
 
Saat matahari terbit pada Minggu 10 Februari 2019, serangan udara AS menggempur beberapa bagian dari Baghouz Al-Fawqani, desa tempat sekelompok terakhir militan ISIS bertahan. Setelah serangan udara, SDF pun bergerak maju ke desa tersebut.
 
Beberapa petinggi SDF mengatakan kepada kantor berita CNN bahwa pihaknya menghadapi perlawanan sengit dari militan ISIS di Baghouz Al-Fawqani, yang menggunakan misil pencari-panas tubuh dalam melancarkan serangan balasan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dua pejuang SDF tewas dalam operasi penyerangan hari ini, dan beberapa lainnya terluka saat salah satu kendaraan mereka terkena misil ISIS.
 
Sekelompok terakhir militan ISIS bersembunyi di bawah kota Baghouz Al-Fawqani. Jaringan terowongan dibuat, yang memungkinkan para militan ISIS dapat dengan mudah bergerak dari rumah ke rumah tanpa terdeteksi.
 
SDF menyebut strategi semacam itu, yang pernah diperlihatkan ISIS di Mosul dan kota lainnya, menjadi tantangan tersendiri.
 
Sedikitnya 500 militan ISIS diyakini masih berada di Baghouz Al-Fawqani. Diyakini mereka semua adalah jajaran komandan serta militan terbaik ISIS.
 
Saat masih berjaya beberapa tahun lalu, ISIS menguasai banyak wilayah di Irak dan Suriah, yang totalnya dapat mencapai ukuran negara Portugal. Wilayah ISIS kini berkurang drastis, dan grup tersebut hanya beroperasi di provinsi Deir Ezzor, Suriah.
 
Baca:SDF Tahan 5 Militan Asing ISIS di Suriah
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif