Pejuang dari Pasukan Demokratik Suriah (SDF) menghadiri upacara pemakaman seorang pejabat di Qamishli, Suriah, 31 Desember 2018. (Foto: AFP/DELIL SOULEIMAN)
Pejuang dari Pasukan Demokratik Suriah (SDF) menghadiri upacara pemakaman seorang pejabat di Qamishli, Suriah, 31 Desember 2018. (Foto: AFP/DELIL SOULEIMAN)

SDF Tahan 5 Militan Asing ISIS di Suriah

Internasional krisis suriah isis konflik suriah
Arpan Rahman • 08 Januari 2019 16:04
Damaskus: Milisi Kurdi yang tergabung dalam Pasukan Demokratik Suriah (SDF) mengatakan telah menahan lima gerilyawan asing dari kelompok militan Islamic State (ISIS) di provinsi Deir ez-Zor, Suriah.
 
Dalam siaran persnya, Senin 7 Januari 2019, SDF mengaku telah menahan dua militan asing asal Amerika Serikat dan dua dari Pakistan. Satu militan lainnya disebut berasal dari Dublin, Irlandia.
 
Namun, seperti dilansir dari laman Sputnik, keterangan tertulis pada foto di militan kelima tersebut adalah, "usia 45 tahun, Pakistan."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


SDF terjun dalam operasi militer melawan ISIS di salah satu area terakhir grup tersebut di kota Hajin. Koalisi pimpinan AS sering melancarkan serangan udara ke Hajin dan desa-desa di sekitarnya.
 
Pada 19 Desember, Presiden AS Donald Trump mengumumkan penarikan pasukan AS dari Suriah. Ia menekankan bahwa kemenangan atas ISIS di Suriah telah tercapai.
 
Menurut Trump, perang melawan kelompok teroris adalah satu-satunya alasan AS tetap berada di negara Arab tersebut.
 
Namun selang beberapa waktu, Trump mengeluarkan pernyataan baru, yang menyebut akan terlebih dahulu mengalahkan ISIS sebelum meninggalkan Suriah.
 
"Saya rasa presiden berkomitmen untuk memastikan saat kita meninggalkan Suriah, ISIS sudah benar-benar dikalahkan," sebut Lindsey Graham, seorang senator Partai Republik, kepada awak media usai makan siang bersama Trump beberapa waktu lalu.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif