Warga di Idlib, Suriah evakuasi dari lokasi pertempuran. Foto: AFP
Warga di Idlib, Suriah evakuasi dari lokasi pertempuran. Foto: AFP

Turki, Rusia dan Iran Bahas Situasi Konflik Suriah

Internasional konflik suriah
Medcom • 16 September 2019 14:14
Ankara: Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menjadi tuan rumah Rusia dan Iran pada Senin untuk pertemuan puncak terbaru membahas Suriah. Perhatian terfokus pada mendukung Damaskus di Idlib yang dikuasai pemberontak.
 
“Presiden Rusia, Vladimir Putin dan Presiden Iran, Hassan Rouhani akan bergabung dengan Erdogan diIibu Kota Turki, Ankara. Pertemuan ini merupakan pertemuan kelima sejak 2017 terkait konflik Suriah,” demikian laporan AFP, Senin 16 September 2019.
 
Iran dan Rusia telah menjadi pendukung setia Presiden Suriah Bashar al-Assad. Sementara, Turki mencoba untuk menggulingkannya dengan mendukung para pejuang oposisi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, prioritas Turki telah bergeser untuk mencegah gelombang besar pengungsi dari Idlib di barat laut Suriah disertai adanya keamanan yang meningkat bagi posisi Assad.
 
Turki prihatin dengan pasukan Suriah yang mendeesak masuk ke wilayah Idlib dengan didukung oleh kekuatan udara Rusia. Desakkan itu terus berlangsung walaupun terjadi serangkaian gencatan senjata.
 
Turki memiliki 12 pos pengamatan di Idlib untuk menegakkan perjanjian zona penyangga yang dibuat setahun lalu dengan Rusia. Pos-pos tersebut digunakan untuk mencegah serangan Suriah skala tinggi.
 
Selain itu, pos-pos tersebut terlihat semakin terancam, dengan salah satu dari mereka terputus dari pasukan Idlib ketika pasukan Suriah mendesak memijakkan kaki pada bulan lalu.
 
Serangan udara Rusia terus berlanjut di wilayah itu meskipun ada gencatan senjata terbaru antara Ankara dan Moskow pada 31 Agustus 2019 lalu.
 
"Sejumlah teroris masih berada di zona ini. Para pejuang terus menembaki posisi pasukan pemerintah," pungkas penasihat Kremlin Yuri Ushakov.
 

 
Penulis: Rifqi Akbar
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif