Ilustrasi (Foto:Medcom.id/M Rizal)
Ilustrasi (Foto:Medcom.id/M Rizal)

Anggota ISIS yang Ditahan Kelompok Kurdi Akan Diadili

Internasional isis
Arpan Rahman • 07 Februari 2020 17:03
Damaskus: Anggota Islamic State (ISIS) asing yang ditangkap oleh pasukan Kurdi akan diadili mulai musim semi. Hal ini disebabkan karena pemerintah mereka gagal memulangkan mereka.
 
Otoritas Kurdi mengumumkan akan melakukan persidangan bagi ribuan warga asing yang dipenjara. Rencana tersebut diumumkan tidak lama setelah pertemuan dengan Kementerian Luar negeri Finlandia.
 
"Kami menjelaskan niat kami buat mendirikan pengadilan khusus untuk ISIS kepada pemerintah Finlandia dan meminta bantuan dari aspek hukum dan teknis, dan agar persidangan ini transparan dan terbuka," kata Otoritas Kurdi, dikutip dari Global News, Kamis 6 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan data yang dikeluarkan kelompok Kurdi, pejuang Kurdi menahan lebih dari 1.000 pria, 4.000 wanita, dan 8.000 anak-anak dari 53 negara. Ditangkap selama jatuhnya ISIS, mereka ditahan di penjara dan kamp sementara di seantero wilayah Kurdi.
 
"Ini adalah krisis internasional dan solusi internasional harus ditemukan untuk mereka," kata Pejabat Kurdi Fener al-Kait.
 
Kelambanan komunitas internasional telah mendorong pemerintah Kurdi setempat untuk mengadili para tahanan melalui sistem peradilannya sendiri. Proses hukum akan dijalankan dengan atau tanpa kerja sama international.
 
"Sayangnya, banyak negara belum menanggapi permohonan kami. Sebagai contoh, kami telah menyerahkan kurang dari 10 persen anak-anak yang terkait ISIS ke negara mereka sejauh ini," kata al-Kait.
 
"Ada kebutuhan mendesak buat solusi untuk masalah ini di wilayah kami dan untuk menekan negara-negara agar menerima warga negara mereka," tukasnya.
 

(WAH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif