Kapal induk AS USS Abraham Lincoln. (Foto: AFP)
Kapal induk AS USS Abraham Lincoln. (Foto: AFP)

AS Kirim Pasukan ke Timteng, Iran Mengaku Tak Terintimidasi

Internasional as-iran
Willy Haryono • 25 Mei 2019 14:16
Teheran: Korps Garda Revolusioner Iran (IRGC) menegaskan bahwa pengiriman pasukan militer Amerika Serikat ke Timur Tengah tidak mengintimidasi Teheran.
 
Pengiriman pasukan, yang jumlahnya terus ditambah AS dari waktu ke waktu, dilakukan di tengah ketegangannya dengan Iran. Selain personel militer, AS juga mengirim armada kapal induk dan belasan pesawat jet tempur.
 
"Lewat propaganda, semua itu hanya percobaan Amerika agar tetap relevan di mata publik," kata juru bicara IRGC Ramezan Sharif, dikutip oleh saluran televisi Press TV, Sabtu 25 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dikirimnya armada kapal induk dan juga pasukan lainnya tidak akan mengintimidasi masyarakat Iran," tambah Sharif.
 
Armada kapal induk dikirim AS beserta gugus tugas pengebom ke Timur Tengah beberapa pekan lalu. Kala itu, AS menyebut pengiriman kapal induk bertujuan menghadapi kemungkinan adanya "ancaman" dari Iran.
 
Pengumuman pengiriman kapal induk dilakukan tak lama usai pemerintah AS menyebut IRGC sebagai organisasi teroris.
 
Pada Jumat 24 Mei, Kementerian Pertahanan As atau Pentagon berencana mengirim sekitar 1.500 tambahan personel militer dan belasan pesawat jet tempur ke Timur Tengah dalam beberapa pekan ke depan.
 
Presiden AS Donald Trump mengatakan kepada awak media pada Jumat 24 Mei bahwa 1.500 prajurit ini sebagian besar perannya "hanya bersifat protektif."
 
Selama ini, Trump bergonta-ganti pendekatan dalam merespons ketegangan dengan Iran. Ia pernah mengambil sikap keras, namun belakangan mulai ingin mencari solusi damai lewat negosiasi.
 
"Saat ini, saya rasa Iran tidak ingin berperang, dan saya juga rasa mereka tidak mau berperang dengan kita semua," kata Trump.
 
Baca:AS akan Kirim Tambahan 1.500 Tentara ke Timur Tengah
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif