Pasukan AS melaju di jalanan Suriah. (Foto: Delil Souleiman/AFP/Getty Images
Pasukan AS melaju di jalanan Suriah. (Foto: Delil Souleiman/AFP/Getty Images

AS akan Kirim Tambahan 1.500 Tentara ke Timur Tengah

Internasional as-iran
Willy Haryono • 25 Mei 2019 11:16
Washington: Amerika Serikat akan mengirim sekitar 1.500 tambahan personel militer dan belasan pesawat jet tempur ke Timur Tengah dalam beberapa pekan ke depan. Kementerian Pertahanan AS atau Pentagon menyebut penambahan ini merupakan bentuk antisipasi di tengah meningkatnya ketegangan dengan Iran.
 
Presiden AS Donald Trump mengatakan kepada awak media pada Jumat 24 Mei bahwa 1.500 prajurit ini sebagian besar perannya "hanya bersifat protektif."
 
Selama ini, Trump bergonta-ganti pendekatan dalam merespons ketegangan dengan Iran. Ia pernah mengambil sikap keras, namun belakangan mulai ingin mencari solusi damai lewat negosiasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saat ini, saya rasa Iran tidak ingin berperang, dan saya juga rasa mereka tidak mau berperang dengan kita semua," kata Trump, dikutip dari laman Guardian, Sabtu 25 Mei 2019.
 
Sebelumnya, Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan dirinya mendukung adanya pembicaraan dengan Amerika Serikat, namun tidak untuk saat ini.
 
"Situasi saat ini tidak cocok untuk pembicaraan dengan AS dan pilihan kami yang paling baik adalah perlawanan," tutur Rouhani.
 
Sementara Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif menegaskan dirinya yakin perang tidak akan meletus di kawasan karena Teheran tidak menginginkan terjadinya konflik.
 
Selain itu, Zarif juga menilai tidak ada satu negara pun di dunia ini yang dapat menghadapi Iran di kawasan.
 
Ketegangan terbaru antara AS dan Iran terjadi usai Trump menarik AS dari kesepakatan nuklir yang dibuat pendahulunya, Barrack Obama pada 2015.
 
Pemerintahan Trump telah menarik sejumlah staf diplomatik dari Irak. Penarikan disebut AS merupakan antisipasi ancaman dari beberapa grup bersenjata di Irak yang berasal dari Iran.
 
Baca:Trump Tegaskan Iran Akan Hancur Jika Berani Serang AS
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif