Israel menggempur Jalur Gaza pada Jumat 15 November 2019 malam. (Foto: AFP)
Israel menggempur Jalur Gaza pada Jumat 15 November 2019 malam. (Foto: AFP)

Israel Luncurkan Serangan Udara Terbaru di Gaza

Internasional jalur gaza palestina israel
Willy Haryono • 16 November 2019 13:12
Gaza: Militer Israel meluncurkan serangan udara terbaru ke Jalur Gaza pada Sabtu 16 November 2019 dini hari. Israel mengklaim serangan itu merupakan balasan atas peluncuran sejumlah roket dari Gaza.
 
Aksi saling serang ini terjadi meski ada gencatan senjata yang sudah disepakati dua hari lalu.
 
Berbeda dari serangan udara sebelumnya, militer Israel mengaku tidak membidik kelompok Islamic Jihad, melainkan Hamas. Hamas adalah kelompok yang menguasai Jalur Gaza.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dua roket ditembakkan dari Jalur Gaza ke wilayah Israel, dan telah dicegat oleh sistem pertahanan udara," ujar pernyataan resmi militer Israel, dikutip dari Asharq al-Awsat.
 
"Saat ini kami sedang menggempur beberapa target teror Hamas," lanjutnya.
 
Sejumlah sumber keamanan Palestina mengatakan bahwa serangan Israel ditujukan ke dua situs Hamas di Gaza utara.
 
Selasa lalu, Israel melancarkan sebuah operasi yang menewaskan seorang komandan Islamic Jihad. Kematian langsung itu memicu balasan berupa peluncuran roket dalam jumlah besar.
 
Kala itu, Israel mengklaim ada sekitar 450 roket yang ditembakkan Islamic Jihad dari arah Gaza. Puluhan roket berhasil ditembak jatuh sistem pertahanan udara, namun ada beberapa yang lolos.
 
Peluncuran ratusan roket kemudian direspons dengan serangan udara, yang diklaim hanya ditujukan ke Islamic Jihad, terutama unit peluncur roketnya.
 
Setelah aksi saling serang berlangsung selama dua hari, gencatan senjata yang dimediasi Mesir disepakati pada Kamis pagi. Namun sejauh ini gencatan senjata seolah diabaikan dan aksi saling serang terus terjadi.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif