Arab Saudi Selidiki Serangan yang Tewaskan Puluhan Anak-Anak

Willy Haryono 11 Agustus 2018 07:05 WIB
konflik yaman
Arab Saudi Selidiki Serangan yang Tewaskan Puluhan Anak-Anak
Warga Yaman menggali kuburan untuk anak-anak korban serangan udara. (Foto: AFP/Getty)
Riyadh; Koalisi militer pimpinan Arab Saudi mengumumkan rencana menggelar investigasi terhadap serangan udara di Yaman yang menewaskan sedikitnya 29 anak-anak.

Dalam tulisan di Twitter, jaringan televisi Al-Arabiya mengutip ucapan seorang petinggi Arab Saudi yang mengatakan kolisi sedang memeriksa "korban warga sipil" dari serangan tersebut.

"Kami akan menyeret pelaku ke hadapan hukum dan memberikan kompensasi kepada para korban," ucap dia, seperti dikutip BBC, Jumat 10 Agustus 2018.


Serangan udara terhadap sebuah bus itu terjadi di Dahyan, provinsi Saada, pada 9 Agustus. Provinsi tersebut merupakan salah satu wilayah yang dikuasai pemberontak Houthi.

Baca: Puluhan Anak Dikabarkan Tewas dalam Serangan di Yaman

Arab Saudi membela pemerintahan resmi Yaman dan ikut memerangi pemberontak Houthi sejak 2015.

Kementerian Kesehatan terafiliasi Houthi menyebut korban tewas dari serangan udara di Dahyan bertambah menjadi 51 orang, termasuk 40 anak-anak, dengan 79 lainnya terluka.

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres menyerukan "investigasi independen" terhadap serangan udara tersebut.

Mohammed Ali al-Houthi, pemimpin dari Dewan Revolusioner Agung Houthi, mengaku siap bekerja sama dengan penyelidikan internasional.



(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id