Puluhan Anak Dikabarkan Tewas dalam Serangan di Yaman
Ilustrasi oleh Medcom
Yaman: Serangan terjadi terhadap sebuah bus yang membawa anak-anak di Yaman. Puluhan dilaporkan tewas tanpa diketahui berapa jumlah pasti.
 
Kabar menyedihkan ini disampaikan oleh Komite Palang Merah Internasional (ICRC) melalui akun Twitternya pada Kamis 9 Agustus. Namun belum ada detail jelas mengenai peristiwa itu.
 
"Menyusul serangan pagi ini pada sebuah bus yang mengantar anak-anak di Pasar Dahyan, utara Saada, rumah sakit yang didukung ICRC menerima puluhan orang yang tewas dan terluka," kata ICRC, melalui akun Twitter, seperti dikutip AFP, Kamis 9 Agustus 2018.
 
"Berdasarkan hukum humaniter internasional, warga sipil harus dilindungi selama konflik," tambahnya.
 
Televisi yang memiliki afiliasi dengan pemberontak Houthi, Al Masirah TV Huthi melaporkan bahwa 39 orang telah tewas dan 51 orang terluka. Sebagian besar korban adalah anak-anak.
 
Al Masirah menuduh koalisi pimpinan Arab Saudi adalah pelaku serangan. Selama ini koalisi tersebut berperang melawan pemberontak Houthi yang menginginkan pemerintahan yang diakui internasional pimpin Presiden Abd Rabbo Mansour Hadi kembali berkuasa di Yaman.
 
Tidak ada komentar keluar dari pihak koalisi, yang melakukan intervensi di Yaman pada tahun 2015.
 
Perang Yaman telah menyebabkan hampir 10.000 orang tewas dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyebut perang ini sebagai krisis kemanusiaan terburuk di dunia.



(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id