Polisi bersiaga di luar sebuah gereja Kristen Koptik di Nasr City, Mesir, 5 Januari 2019. (Foto: AFP/Getty)
Polisi bersiaga di luar sebuah gereja Kristen Koptik di Nasr City, Mesir, 5 Januari 2019. (Foto: AFP/Getty)

Polisi Mesir Tewas saat Jinakkan Bom di Gereja Koptik

Internasional isis mesir
Willy Haryono • 06 Januari 2019 13:52
Nasr City: Seorang polisi tewas saat berusaha menjinakkan sebuah bom di luar gereja Kristen Koptik di Mesir. Ledakan yang terjadi pada Sabtu 5 Januari itu juga melukai dua petugas dan satu warga.

Seperti dikutip dari kantor berita BBC, Minggu 6 Januari 2019, Mustafa Abid merupakan seorang spesialis di unit pembersih ranjau Kepolisian Mesir. Bom yang meledak merupakan satu dari dua yang disembunyikan dalam tas di atap sebuah gereja di Nasr City.

Insiden terjadi dua hari menjelang hari raya Natal umat Kristen Koptik di Mesir. Sekitar 10 persen dari total populasi Mesir adalah Kristen Koptik, dan sejumlah pihak menilai Mesir kurang memberikan perlindungan kepada mereka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi -- yang mendeklarasikan diri sebagai pelindung umat Kristen dari serangan ekstremis -- dijadwalkan membuat gereja Cathedral of Nativity di luar Kairo pada hari ini. Gereja akan dibuka satu hari sebelum hari raya Natal umat Kristen Koptik pada 7 Januari. Hingga saat ini belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas dua bom di gereja Nasr City. Namun sejumlah kelompok militan, termasuk Islamic State (ISIS), tercatat sering melancarkan serangan terhadap Kristen Koptik di Mesir.

Sejak 2016, serangan teroris terhadap Kristen Koptik di Mesir telah menewaskan lebih dari 100 orang.

Oktober lalu, 17 orang divonis mati atas keterlibatan mereka dalam serangkaian serangan bom di beberapa gereja Koptik. Satu bulan setelahnya, polisi Mesir membunuh 19 ekstremis yang dituduh menembaki sejumlah jemaat Kristen.


(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi