Jurnalis asal Arab Saudi, Jamal Khashoggi. (Foto: AFP)
Jurnalis asal Arab Saudi, Jamal Khashoggi. (Foto: AFP)

Turki Menangkap Terduga Mata-Mata UEA di Istanbul

Internasional turki Jamal Khashoggi
Willy Haryono • 20 April 2019 11:04
Istanbul: Turki mengaku telah menangkap dua orang terduga agen intijen yang mengaku bekerja atas nama pemerintah Uni Emirat Arab. Turki menginvestigasi apakah kedua orang ini terkait dengan jurnalis Jamal Khashoggi yang dibunuh di Konsulat Arab Saudi di Istanbul tahun lalu.
 
Agensi Intelijen Pusat Amerika Serikat atau CIA meyakini Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman memerintahkan pembunuhan Khashoggi. Sementara Arab Saudi mengklaim pembunuhan tersebut dilakukan sekelompok agen "gelap" yang bertindak berlebihan.
 
"Kami sedang menginvestigasi apakah dua orang yang tiba di Turki ini terkait pembunuhan Jamal Khashoggi," ujar seorang pejabat Turki, dikutip dari laman BBC, Jumat 19 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ada kemungkinan pernah ada upaya mengumpulkan data-data mengenai warga Arab Saudi, termasuk para kritikus, yang tinggal di Turki," lanjut dia.
 
Otoritas Turki mengaku telah menyita sebuah komputer terenkripsi di sebuah tempat yang diyakini sebagai basis mata-mata di Istanbul.
 
Masih dari keterangan pejabat tersebut, yang tidak ingin identitasnya dibuka, mengatakan bahwa pengakuan kedua terduga mata-mata mengindikasikan tugas mereka adalah mengumpulkan data mahasiswa serta kritikus Arab Saudi.
 
"Kami memiliki sejumlah bukti ekstensif mengenai aktivitas mata-mata kedua orang ini di tanah Turki," sebut dia.
 
"Mereka juga telah mengaku telah dikirim oleh agen intelijen UEA," sambungnya.
 
Arab Saudi dan UEA adalah sekutu lama. Keduanya adalah dua negara utama dalam krisis diplomatik Qatar dalam periode 2017-2018. Arab Saudi dan Qatar bersama dua negara lain bersama-sama menuduh Qatar adalah negara pendukung terorisme. Qatar membantah keras tuduhan tersebut.
 
Mengenai Khashoggi, tidak ada bukti kuat yang mengindikasikan UEA terlibat dalam pembunuhan tersebut.
 
Baca:PBB Tegur Arab Saudi Terkait Pembunuhan Khashoggi
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif