Seorang anggota dari aliansi milisi Tripoli Protection Force bersiaga dalam menghadapi grup Seventh Brigade di Libya. (Foto: AFP / Mahmud TURKIA)
Seorang anggota dari aliansi milisi Tripoli Protection Force bersiaga dalam menghadapi grup Seventh Brigade di Libya. (Foto: AFP / Mahmud TURKIA)

Fotografer AP Tewas dalam Pertempuran di Libya

Internasional konflik libya libya
Arpan Rahman • 20 Januari 2019 16:06
Tripoli: Seorang fotografer yang bekerja untuk kantor berita Associated Press tewas saat sedang meliput pertempuran antar milisi di dekat Tripoli, Libya, Sabtu 19 Januari 2019.
 
Menurut keterangan beberapa sumber dari otoritas keamanan Libya, seperti dinukil dari laman AFP, Mohamed Ben Khalifa tewas terkena tembakan mortir yang mengerah ke posisi sebuah grup milisi.
 
Menjadi juru kamera untuk AP sejak 2014, pria 35 tahun itu telah menikah dan merupakan ayah dari seorang bayi berusia enam bulan. Ia tewas dalam pertempuran yang sudah terjadi di dekat ibu kota Tripoli sejak Rabu kemarin. Pertempuran berlangsung antara aliansi milisi Tripoli Protection Force melawan grup Seventh Brigade.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kementerian Kesehatan Libya mengatakan pertempuran tersebut telah menewaskan sedikitnya 13 orang dan melukai 52 lainnya. Pertempuran ini merupakan kelanjutan dari bentrokan di sekitar Tripoli antara Agustus dan September tahun lalu yang menewaskan lebih dari 400 orang.
 
Baca:Libya Umumkan Keadaan Darurat di Ibu Kota Tripoli
 
Libya terpecah dan berubah menjadi medan perang antar faksi bersenjata sejak diktator Muammar Gaddafi digulingkan dan tewas pada 2011.
 
Grup bersenjata utama di Tripoli mengatakan mereka loyal terhadap Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA) yang diakui komunitas internasional. Namun otoritas Libya kesulitan mengendalikan sepenuhnya grup tersebut.
 
GNA mengumumkan reformasi keamanan usai terjadinya pertumpahan darah tahun lalu. Reformasi ini bertujuan meredam kekuatan sejumlah grup milisi di ibu kota.
 
Libya memiliki pemerintah tandingan di wilayah timur negara, yang didukung tokoh Khalifa Haftar dan pasukannya, Libyan National Army.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi