Truk BBM terguling dan terbakar di Odukpani, Nigeria, Jumat 11 Januari 2019. (Foto: AFP)
Truk BBM terguling dan terbakar di Odukpani, Nigeria, Jumat 11 Januari 2019. (Foto: AFP)

Truk BBM Meledak di Nigeria, 12 Orang Tewas

Internasional nigeria
Arpan Rahman • 13 Januari 2019 12:15
Odukpani: Sedikitnya 12 orang tewas saat sebuah truk pengangkut bahan bakar minyak yang terguling di Nigeria meledak. Ledakan terjadi saat puluhan orang berada di sekitar truk untuk mengambil tumpahan BBM.
 
Ratusan orang tewas dalam peristiwa serupa dalam beberapa tahun terakhir di Nigeria, negara penghasil minyak terbanyak di benua Afrika. Sebagian warga sering mempertaruhkan nyawa untuk mengambil BBM yang bocor dari truk atau jaringan pipa penyalur.
 
Baca:Truk Tanki Gas Meledak, Lebih dari 100 Orang Dilaporkan Tewas

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tragedi terbaru ini terjadi pada Jumat 11 Januari malam di kota Odukpani di negara bagian Cross River. "Kami telah menemukan 12 jasad manusia dan membawa 22 lainnya yang mengalami luka bakar serius," ucap juru bicara kepolisian Odukpani Irene Ugbo, seperti disitir dari laman Metro.co.uk, Sabtu 12 Januari 2019.
 
Namun sejumlah saksi mata menyebut jumlah korban tewas mendekati 60 orang. "Polisi hanya menemukan beberapa jenazah. Banyak korban tewas yang hangus terbakar hingga menjadi abu," tutur Richard Johnson, seorang saksi mata.
 
Johnson menyebut sekitar 60 orang berada di sekitar truk untuk mengambil tumpahan BBM saat ledakan terjadi. "Hampir mustahil mereka semua bisa selamat," ungkap dia, yang menduga ledakan terjadi akibat aliran listrik dari sebuah generator di dekat truk.
 
Hingga saat ini belum diketahui pasti bagaimana truk itu bisa terguling dan mengalami kebocoran. Sekitar satu tahun lalu, lebih dari 30 orang di wilayah yang sama tewas terbakar saat mengambil tumpahan BBM dari sebuah truk.
 
Kecelakaan terburuk di Nigeria terjadi pada 1998, saat lebih dari 1,000 orang tewas saat mereka sedang mengambil minyak yang bocor dari jaringan pipa penyalur di kota Jesse.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif