Pengeboman di sejumlah gereja di Sri Lanka. (Foto: AFP)
Pengeboman di sejumlah gereja di Sri Lanka. (Foto: AFP)

Israel Minta Warganya Segera Keluar dari Sri Lanka

Internasional Ledakan Sri Lanka
Sonya Michaella • 26 April 2019 11:35
Tel Aviv: Pemerintah Israel mendesak seluruh warganya untuk meninggalkan Sri Lanka, sehubungan dengan serangan bom beruntun yang terjadi hingga menewaskan 253 orang. Selain itu, Israel juga mengeluarkan peringatan perjalanan bagi warganya.
 
"Peringatan ini dikeluarkan mengingat situasi di Sri Lanka masih membahayakan dan kemungkinan adanya serangan lagi dalam waktu dekat," bunyi pernyataan dari Israel, dikutip dari AFP, Jumat 26 April 2019.
 
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu juga telah menawarkan bantuan kepada pihak berwenang Sri Lanka, usai serangan bom tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, Perdana Menteri Sri Lanka Ranil Wickremesinghe memperingatkan bahwa ada potensi serangan lebih banyak dan besar di negara itu.
 
Situasi di Sri Lanka belum bisa dikatakan aman meski status darurat telah diturunkan satu tingkat. Ia juga mengimbau agar warga tetap berada di dalam rumah jika tidak ada keperluan mendesak.
 
Akibat pengeboman beruntun pada Minggu Paskah 21 April kemarin, Keuskupan Agung Kolombo menangguhkan semua misa gereja Katolik hingga 29 April karena masalah keamanan.
 
Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Kolombo juga mengeluarkan peringatan bagi warganya untuk sementara waktu menjauhi tempat ibadah, seiring adanya peringatan dari pemerintah setempat.
 
Pemerintah Sri Lanka menyebut investigasi awal mengindikasikan serangan bom merupakan ‘balasan’ atas penembakan di dua masjid di Selandia Baru bulan lalu yang menewaskan 50 orang. Namun, pernyataan ini dibantah oleh Selandia Baru.
 
Penyelidikan terus dilakukan oleh otoritas Sri Lanka terkait pengeboman ini. Klaim serangan pun telah dinyatakan oleh kelompok militan Islamic State (ISIS). Namun Sri Lanka menuding pengeboman ini dilakukan oleh kelompok militan lokal, NTJ (National Thowheeth Jama'ath).

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif