Ilustrasi kapal nelayan. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi kapal nelayan. (Foto: Medcom.id)

Tiga Nelayan Palestina Ditahan Israel di Pesisir Gaza

Internasional jalur gaza palestina israel
Willy Haryono • 12 Mei 2019 13:08
Gaza: Tiga nelayan Palestina ditahan angkatan laut Israel di lepas pantai Jalur Gaza pada Sabtu 11 Mei.
 
Mengutip kepala serikat nelayan Gaza Nizar Ayyash, kantor berita Anadolu Agency melaporkan bahwa kapal Israel menembaki perahu nelayan Palestina di wilayah perairan dari barat kota Gaza.
 
Dilansir dari laman Aninews, Minggu 12 Mei 2019, sejauh ini militer Israel tidak mengeluarkan pernyataan mengenai mengapa nelayan itu ditangkap dan ditahan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sekitar 50 ribu orang di Gaza berusaha bertahan hidup dengan menjadi nelayan dan menangkap ikan di laut.
 
Jumat 10 Mei, otoritas Israel mengizinkan nelayan Gaza untuk melanjutkan aktivitas menangkap ikan di zona yang telah ditetapkan di lepas pantai Gaza. Sebelumnya, Israel sempat melarang penangkapan ikan di wilayah tersebut selama sepekan.
 
Pelarangan dilakukan di tengah terjadinya aksi saling serang antara pasukan Israel dengan militan Hamas di Jalur Gaza. Setelah gencatan senjata disepakati, aktivitas menangkap ikan kembali berlanjut, dan zona penangkapan juga diperluas hingga 12 mil laut dari pesisir.
 
Mesir dan Qatar disebut sebagai dua negara yang memediasi gencatan senjata antara Israel dengan Hamas. Konflik terbaru Israel dan Hamas itu telah berujung pada tewasnya 24 warga Palestina dan empat di kubu Israel.
 
Israel menuduh konflik terbaru dipicu peluncuran sekitar 600 roket dari Gaza. Israel merespons ratusan roket itu dengan serangan udara dan tank baja.
 
Baca:Israel Sebut Militan di Gaza Tembakkan Lebih dari 200 Roket
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif