Dukunan warga Iran untuk Jenderal Qassem Soleimani. Foto: AFP
Dukunan warga Iran untuk Jenderal Qassem Soleimani. Foto: AFP

Pembunuhan Soleimani Rusak Perdamaian Timur Tengah

Internasional Garda Revolusi Iran
Marcheilla Ariesta • 06 Januari 2020 16:03
Ankara: Pembunuhan salah satu jenderal terkemuka Iran oleh Amerika Serikat (AS) semakin memicu kekhawatiran. Kekhawatiran juga tak luput dirasakan Turki.
 
"Pembunuhan Jenderal Soleimani berisiko serius merusak perdamaian di kawasan," kata Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu, dilansir dari Anadolu, Senin 6 Januari 2020.
 
"Kami akan bekerja sama dengan negara-negara lain untuk mengurai ketegangan antara Iran dan AS," imbuhnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Serangan Washington ke Bandara Internasional Baghdad, Irak menewaskan Jenderal Qassem Soleimani. Sang jenderal merupakan orang kedua terkuat di Iran.
 
Pentagon mengatakan, serangan tersebut merupakan perintah Presiden AS Donald Trump. Menurut mereka, Soleimani sama berbahayanya dengan pemimpin Islamic State Abu Bakr al-Baghdadi yang bunuh diri saat diserang AS.
 
Kematian Soleimani membawa protes besar untuk Amerika. Parlemen Irak menyetujui resolusi untuk mengusir para tentara AS dari negaranya.
 
Sementara para pemimpin Iran bersumpah akan membalas dendam atas kematian Soleimani. Mendengar sumpah itu, Trump membalas akan menyerang 52 situs di Iran, termasuk situs-situs kebudayaan Negeri Persia.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif