Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan akan temui Presiden Rusia Vladimir Putin bahas Suriah. Foto: AFP
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan akan temui Presiden Rusia Vladimir Putin bahas Suriah. Foto: AFP

Erdogan-Putin Akan Bertemu di Rusia Bahas Suriah

Internasional krisis suriah turki rusia konflik suriah
Medcom • 02 Maret 2020 19:03
Istanbul: Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan akan mengunjungi Rusia Kamis 5 Maret 2020 nanti dan bertemu dengan Vladimir Putin. Keduanya akan mendiskusikan ketegangan di Suriah,
 
“Presiden dijadwalkan untuk berkunjung selama sehari di Rusia pada 5 Maret nanti,” ungkap pernyataan pihak Kepresidenan Turki, seperti dikutip AFP, Senin, 2 Maret 2020.
 
Turki memberi konfirmasi pada Minggu kemarin bahwa mereka telah memulai operasi militer terhadap pasukan Suriah yang didukung Rusia. Operasi dilakukan menyusul meningkatnya bentrokan di kubu pemberontak Idlib.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ankara, yang mendukung kelompok di provinsi tersebut, berhasil menewaskan 18 prajurit Suriah dalam serangan drone pada Minggu 1 maret kemarin. Serangan ini juga berhasil menjatuhkan dua pesawat Pemerintah Suriah.
 
Begitupun, Turki bersikeras menghindari perseteruan langsung dengan Moskow. Kedua negara diketahui berbagi hubungan pertahanan dan perdagangan yang signifikan.
 
Walaupun berlawanan dalam konflik di Suriah, Turki dan Rusia pernah bekerja sama sebelumnya. Mereka meraih persetujuan di Sochi pada 2018 lalu yang membuat Turki mendirikan 12 pos observasi militer di Idlib untuk mencegah serangan dari Suriah dan datangnya pengungsi ke teritori Turki.
 
Namun Suriah dan Rusia terlihat semakin kukuh untuk kembali memenangkan kuasa atas area tersebut dan sebuah serangan yang dilancarkan Desember lalu telah memaksa hampir 1 juta penduduk untuk mengungsi. Selain itu terjadi semakin banyak perseteruan antar pasukan Turki dan Suriah. (Flory Ambarita)
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif