NEWSTICKER
Dua bus tiba di pelabuhan Yokohama tempat bersandarnya kapal pesiar Diamond Princess, 16 Februari 2020/AFP/Behrouz Mehri
Dua bus tiba di pelabuhan Yokohama tempat bersandarnya kapal pesiar Diamond Princess, 16 Februari 2020/AFP/Behrouz Mehri

Jepang Upayakan Perawatan Maksimal untuk WNI Terinfeksi Korona

Internasional Virus Korona virus corona
Marcheilla Ariesta • 18 Februari 2020 23:31
Jakarta: Pemerintah Jepang tak tutup mata atas kondisi Warga Negara Indonesia (WNI) di kapal pesiar Inggirs, Diamond Princess. Perawatan terhadap tiga WNI terinfeksi korona di kapal itu akan diprioritaskan.
 
"Saya bisa berjanji bahwa semua yang berada di Jepang melakukan yang terbaik yang mereka punya, untuk menjaga para kru dan penumpang kapal, termasuk dari Indonesia, Filipina, atau India," kata Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii, kata Masafumi dalam Perayaan Ulang Tahun Kaisar Jepang di Jakarta, Selasa 18 Februari 2020.
 
Kapal tersebut tengah dikarantina di Jepang. Masafumi mengatakan, para kru dan penumpang kapal ditangani oleh tenaga medis yang ahli. Pemerintah Jepang juga terus berkomunikasi dengan perwakilan Indonesia mengenai kondisi para WNI di kapal tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jepang Upayakan Perawatan Maksimal untuk WNI Terinfeksi Korona
Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii/Medcom.id/Marcheilla
 
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, pagi tadi mengatakan meminta kepada pemerintah Jepang untuk memperhatikan kondisi ke-78 WNI yang berada di kapal Diamond Princess. Menlu berharap agar pemerintah Jepang terus memberikan informasi mengenai rencana mereka ke depannya menghadapi virus korona.
 
Kapal pesiar Diamond Princess mengangkut 3.711 orang. Sebanyak 2.666 tercatat sebagai penumpang dan 1.045 sisanya merupakan kru kapal. Mereka berasal dari 56 negara.
 
Dari total kru, terdapat 78 awak kapal asal Indonesia. Sebanyak tiga orang di antaranya dilaporkan positif terinfeksi virus korona Covid-19.
 
Menlu Retno menuturkan dua WNI positif virus Covid-19 di kapal tersebut sudah dirawat di rumah sakit daerah Chiba, Jepang. Sementara seorang lainnya dalam proses rujukan ke rumah sakit.
 
Tim KBRI Tokyo telah bertolak ke Chiba untuk memastikan para WNI mendapatkan perawatan terbaik dari pihak Jepang. Selain itu, keluarga para korban terinfeksi juga sudah dihubungi pemerintah terkait hal ini.

 

(ADN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif