Demonstran dan aktivis LGBT berunjuk rasa dalam acara Istanbul Pride di Istanbul, Turki, Minggu 30 Juni 2019. (Foto: AFP/BULENT KILIC)
Demonstran dan aktivis LGBT berunjuk rasa dalam acara Istanbul Pride di Istanbul, Turki, Minggu 30 Juni 2019. (Foto: AFP/BULENT KILIC)

Parade LGBT di Istanbul Diwarnai Gas Air Mata

Internasional turki kontroversi lgbt
Arpan Rahman • 01 Juli 2019 12:42
Istanbul: Parade aktivis Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT) di Istanbul, Turki, Minggu 30 Juni 2019, diwarnai gas air mata yang ditembakkan aparat keamanan.
 
Ratusan orang memadati salah satu sisi trotoar di wilayah Istiklal Avenue di dekat Lapangan Taksim di Istanbul. Mereka berkumpul di sana karena otoritas setempat melarang parade di jalanan utama Istanbul.
 
Mengibarkan bendera dan payung bercorak warna pelangi, para pengunjuk rasa berteriak, "kami tidak akan tinggal diam" dan juga "mari saling membantu melawan fasisme."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Disitir dari Telegraph,kepolisian Istanbul sempat mengizinkan panitia untuk menyampaikan pidato singkat ke awak media. Namun setelah itu, petugas memblokade jalanan Istanbul dan menembakkan gas air mata ke kerumunan massa.
 
Sejumlah anjing pelacak dan meriam air dikerahkan petugas ke lokasi unjuk rasa.
 
Kantor pemerintah kota Istanbul telah melarang acara parade LGBT selama lima tahun berturut-turut, dengan alasan khawatir memicu kekacauan di tengah masyarakat. Gubernur di beberapa provinsi lainnya di Turki juga telah melarang parade serupa sepanjang Juni.
 
Baca:Turki Larang Keras Gelaran Pawai LGBT
 
Wali Kota terpilih Istanbul Ekrem Imamoglu mengatakan kepada para jurnalis pada Jumat kemarin bahwa grup apapun seharusnya bebas mengemukakan pendapat mereka, selama aksi tersebut tidak mengganggu ketertiban umum dan perdamaian.
 
Grup Amnesty International mengecam larangan parade LGBT. Menurut mereka, larangan ini adalah bentuk penghapusan kehadiran kolektif grup tertentu, dalam hal ini LGBT.
 
Terakhir kalinya parade LGBT di Istanbul berlangsung tanpa larangan terjadi pada 2014. Kala itu, parade menarik perhatian puluhan ribu orang. Parade semacam itu telah digelar setiap tahunnya di Turki sejak 2003.
 
Homoseksualitas merupakan sesuatu yang legal di Turki. Namun sejumlah aktivis mengeluhkan adanya pelecehan dan penganiayaan dari pihak tertentu terhadap kelompok LGBT di Turki.
 
Panitia acara Istanbul Pride menegaskan bahwa mereka akan terus berjuang demi mendapatkan pengakuan resmi di bawah hukum Turki.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif