Menlu Iran Mohammad Javad Zarif. (Foto: AFP)
Menlu Iran Mohammad Javad Zarif. (Foto: AFP)

Serang Pangkalan AS, Iran Mengaku Tak Ingin Berperang

Internasional as-iran Qassem Soleimani
Willy Haryono • 08 Januari 2020 11:48
Teheran: Iran telah meluncurkan belasan misil yang mengenai dua pangkalan militer Amerika Serikat di Irak, Rabu 8 Januari 2020. Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif menegaskan pihaknya tidak berniat meningkatkan ketegangan atau memicu terjadinya perang.
 
"Tapi kami akan membela diri terhadap segala bentuk agresi," kata Menlu Zarif, beberapa jam usai serangan misil di Irak.
 
Menurut Menlu Zarif, serangan misil terhadap dua pangkalan AS di Irak merupakan bentuk pertahanan diri yang diatur dalam Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa Artikel 51.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami mengambil langkah proporsional dalam menyerang pangkalan yang digunakan (AS) untuk meluncurkan serangan pengecut terhadap warga kami," ungkap Menlu Zarif di Twitter, dikutip dari laporan di situs Guardian.
 
Korps Garda Revolusioner Iran (IRGC) mengatakan serangan terhadap pangkalan AS di Irak merupakan pembalasan atas kematian jenderal Qassem Soleimani. Soleimani tewas terkena serangan udara AS di Baghdad, Irak, pada Jumat 3 Januari.
 
"Kami memperingatkan kepada semua sekutu Amerika, yang memberikan pangkalan udara mereka kepada pasukan teroris, bahwa wilayah manapun yang menjadi basis dari aksi agresif terhadap Iran, akan menjadi target serangan," sebut pernyataan resmi IRGC via kantor berita IRNA.
 
Presiden AS Donald Trump mengatakan pihaknya sedang memeriksa mengenai kerusakan serta ada tidaknya korban di dua pangkalan AS di Irak. Trump mengklaim situasi "sejauh ini baik-baik saja."
 
Kementerian Pertahanan AS atau Pentagon mengonfirmasi terjadinya serangan misil di dua pangkalan militer di Irak, yakni di Ain al-Asad dan Erbil. Serangan dilaporkan Pentagon terjadi sekitar pukul 01.30 dini hari waktu setempat.
 
"Pangkalan al-Asad terkena serangan sedikitnya enam kali," ujar pernyataan resmi militer AS.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif