Maskapai Ethiopian Airlines. (Foto: AFP/Getty)
Maskapai Ethiopian Airlines. (Foto: AFP/Getty)

Suara Jatuhnya Pesawat Ethiopian Airlines Sangat Kencang

Internasional kecelakaan pesawat kecelakaan ethiopian airlines
Willy Haryono • 10 Maret 2019 18:32
Addis Ababa: Pesawat maskapai Ethiopian Airlines dengan nomor penerbangan ET302 jatuh tak lama usai lepas landas dari Addis Ababa menuju Nairobi, Kenya, Minggu 10 Maret 2019. Saksi mata di sekitar kota Bishoftu mengaku mendengar suara ledakan yang sangat kencang dari arah
 
"Suara ledakan dan kobaran apinya sangat kuat, kami tidak bisa mendekat. Semua terbakar hebat," ucap Bekele Gutema, seorang saksi mata yang diwawancarai jurnalis BBC.
 
"Petugas pemadam kebakaran tiba sekitar pukul 11.00 siang, sementara kecelakaannya jam 08.00. Ada empat helikopter di lokasi. Saya rasa tidak akan ada korban selamat," lanjut dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dugaan Gutema terbukti benar, usai juru bicara Ethiopian Airlines mengatakan bahwa pihak maskapai meyakini tidak ada korban selamat dalam kecelakaan. Pesawat tersebut mengangkut 149 penumpang dan delapan kru.
 
Ethiopian Airlines adalah maskapai yang membuka banyak negara tujuan di Afrika. Maskapai ini populer di Afrika, karena banyak kompetitor lain hanya membuka rute penerbangan dari negara asal ke beberapa destinasi di luar Afrika.
 
Memiliki catatan keselamatan yang baik, Ethiopian Airlines tercatat pernah menjadi sorotan usai salah satu pesawatnya jatuh di Laut Mediterania tak lama usai meninggalkan Beirut pada 2010. Kecelakaan tersebut menewaskan 90 orang.
 
Kabar pertama mengenai kecelakaan terbaru muncul saat Perdana Menteri Ethiopia Abiy Ahmed mengungkapkan "belasungkawa mendalam" via akun Twitter. Presiden Kenya Uhuru Kenyatta juga mengungkapkan rasa duka cita mendalam.
 
"Kami sangat sedih mendengar berita adanya pesawat Ethiopian Airlines yang dilaporkan jatuh enam menit usai lepas landas menuju Kenya. Doa saya sampaikan kepada keluarga dan kerabat semua korban," ungkap Presiden Kenyatta. Wakil Presiden Kenya juga mengucapkan belasungkawa mendalam.
 
Di monitor besar di Bandara Internasional Jomo Kenyatta, seorang editor BBC melihat status pesawat Ethiopian Airlines ET302 "dibatalkan."
 
Dalam konferensi pers di Kenya, Menteri Transportasi James Wainaina Macharia menegaskan bahwa negaranya mendukung penuh pemerintah serta warga Ethiopia. Dia juga menyerukan pemberian "privasi di level tertinggi" untuk keluarga serta kerabat semua korban.
 
Hingga saat ini, otoritas Ethiopia belum menyebutkan penyebab pasti kecelakaan.
 
Baca:Tidak Ada Korban Selamat dalam Kecelakaan Ethiopian Airlines
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif