Presiden Iran Hassan Rouhani. (Foto: AFP)
Presiden Iran Hassan Rouhani. (Foto: AFP)

Iran Pilih Lawan AS Daripada Dialog

Internasional iran as-iran
Sonya Michaella • 21 Mei 2019 12:27
Teheran: Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan dirinya mendukung adanya pembicaraan dengan Amerika Serikat, namun tidak untuk saat ini.
 
"Situasi saat ini tidak cocok untuk pembicaraan dengan AS dan pilihan kami yang paling baik adalah perlawanan," kata Rouhani, dikutip dari Al Arabiya, Selasa 21 Mei 2019.
 
Senin malam, Trump yang sebelumnya melontarkan peringatan keras kepada Iran terlihat mencoba menurunkan ketegangan. Ia mengaku siap berdialog jika Iran yang memulainya terlebih dahulu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Komentar terbaru Trump disebut-sebut sejumlah pihak sebagai upaya menghapus kekhawatiran bahwa pemerintahan AS saat ini ingin berperang.
 
Baca:Trump: Iran Tak Boleh Punya Nuklir
 
"Saya tidak akan membiarkan Iran memiliki senjata nuklir. Saya tidak ingin berperang. Namun, jika Anda memiliki situasi seperti Iran, Anda tidak bisa membiarkan mereka memiliki senjata nuklir. Anda tidak bisa membiarkan itu terjadi," kata Trump.
 
Ketegangan terbaru antara AS dan Iran terjadi usai Trump menarik AS dari kesepakatan nuklir yang dibuat pendahulunya, Barrack Obama pada 2015.
 
Washington pun mengirim armada kapal induk dan pesawat pengebom B-52 ke Timur Tengah. AS menyebut pengiriman tersebut merupakan bentuk antisipasi terhadap "ancaman" Iran.
 
Gedung Putih mengeluarkan beragam sinyal mengenai masalah ini dalam beberapa hari terakhir. Sementara sejumlah media AS melaporkan adanya perdebatan internal di kabinet Trump, terutama soal cara terbaik menghadapi Iran.
 
Pemerintahan Trump juga telah menarik sejumlah staf diplomatik dari Irak. Penarikan disebut AS merupakan antisipasi ancaman dari beberapa grup bersenjata di Irak yang berasal dari Iran.

 

(WAH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif