Karangan bunga berada di lokasi kecelakaan pesawat Ethiopian Airlines di Bishoftu, Ethiopia, 16 Maret 2019. (Foto: AFP/TONY KARUMBA)
Karangan bunga berada di lokasi kecelakaan pesawat Ethiopian Airlines di Bishoftu, Ethiopia, 16 Maret 2019. (Foto: AFP/TONY KARUMBA)

KBRI Addis Ababa Terima Sampel DNA Harina Hafitz

Internasional kecelakaan pesawat kecelakaan ethiopian airlines
17 Maret 2019 16:03
Addis Ababa: KBRI Addis Ababa telah menerima sampel DNA Harina Hafitz, warga negara Indonesia yang menjadi korban kecelakaan pesawat Ethiopian Airlines dengan nomor penerbangan ET302 yang terjadi pada 10 Maret.
 
Dalam keterangan pers yang diterima Medcom.id, Minggu 17 Maret 2019, sampel DNA tersebut akan segera disampaikan KBRI Addis Ababa kepada pihak berwenang setempat.
 
Hal itu dikatakan Duta Besar RI untuk Ethiopia, merangkap negara Djibouti dan organisasi negara-negara Afrika, African Union, Al Busyra Basnur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lebih lanjut, Dubes Al Busyra Basnur mengatakan bahwa pada Sabtu 16 Maret, bertempat di Kementerian Luar Negeri Ethiopia, Menteri Transportasi Dagmawit Mogess dan State Minister Kemlu Ethiopia, Dr. Markos Tekle, menyampaikan briefing kepada para Duta Besar tentang perkembangan terakhir dan langkah-langkah yang akan diambil oleh pemerintah Ethiopia sehubungan dengan kecelakaan pesawat tersebut.
 
Pemerintah Ethiopia saat ini membentuk High Steering Committee untuk menangani kecelakaan pesawat Ethiopian Airlines itu.
 
Komite dipimpin oleh Menteri Transportasi, dengan anggota Menlu, Menkeu, Menkes, Jaksa Agung, Komisaris Polisi Federal, Ethiopian Civil Aviation Authority dan Ethiopian Airlines. Komite tersebut memiliki 6 sub komite yaitu Accident Investigation, Victim Identification and Family Support, Legal Issues, Accident Site, Communication and PR, Finance and Logistic.
 
Dubes Al Busyra Basnur, yang menghadiri briefing tersebut mengatakan bahwa proses identifikasi korban kecelakaan diperkirakan akan selesai dalam waktu 5-6 bulan.
 
Sebelumnya pada Rabu 13 Maret, Dubes Al Busyra Basnur dan staf KBRI Addis Ababa, berkunjung ke lokasi jatuhnya pesawat, sekitar 125 kilometer selatan kota Addis Ababa. Dubes memimpin doa bersama untuk Harina Hafitz.
 
Sementara itu pada Jumat 15 Maret, bertempat di Wisma Indonesia Addis Ababa, Dubes Al Busyra Basnur juga memimpin doa bersama masyarakat Indonesia di Addis Ababa untuk Harina Hafitz. Acara itu sekaligus perkenalan masyarakat Indonesia Addis Ababa dengan Dubes RI Al Busyra Basnur, yang baru tiba dan memulai tugas di Addis Ababa 12 Maret.
 
KBRI Addis Ababa terus berkoordinasi erat dengan Kemenlu Ethiopia, Kemenlu RI, keluarga Harina Hafitz serta pihak-pihak terkait lainnya.
 
Baca:Dubes RI Kunjungi Lokasi Jatuhnya Pesawat Ethiopian Airlines
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif