Kamp imigran Afrika di Tripoli, Libya, yang terkena serangan udara. (Foto: AFP)
Kamp imigran Afrika di Tripoli, Libya, yang terkena serangan udara. (Foto: AFP)

Serangan Udara Sasar Kamp Imigran Libya, 40 Tewas

Internasional konflik libya imigran
Sonya Michaella • 03 Juli 2019 08:35
Tripoli: Sebuah serangan udara menghantam sebuah pusat penahanan untuk imigran Afrika di Tripoli, Libya. Setidaknya 40 orang tewas dan 80 lainnya luka-luka.
 
Sejumlah foto yang beredar menunjukkan para imigran Afrika yang terluka sedang dirawat di sebuah rumah sakit di Kota Tajoura, dilansir dari AFP, Rabu 3 Juli 2019.
 
Diduga serangan udara ini berasal dari Pasukan Nasional Libya (LNA), namun mereka membantah. LNA yang berada di bahwa komando Jenderal Khalifa Haftar mengaku hanya melakukan serangan udara terhadap kamp pasukan pemerintah resmi Libya atau GNA.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Pasukan Libya Rebut Kota Kunci dari Pemberontak
 
Libya terjungkal dalam kekacauan sejak pemberontakan didukung NATO yang menggulingkan dan membunuh penguasa lama Muammar Khadafi pada 2011. Banyak milisi berlomba menguasai negara kaya minyak tersebut.
 
Sejak saat itu, perang terus bergejolak di Tripoli demi kekuasaan. Gharyan menjadi pangkalan terdepan utama untuk LNA yang berbasis di timur di bawah kekuasaan Haftar yang telah berjuang untuk mencaplok Tripoli.
 
Sementara itu, Libya adalah titik keberangkatan utama bagi para imigran dari Afrika dan negara-negara konflik lain untuk menyebrang ke Italia dengan kapal.
 
Menunggu giliran menyeberang, para imigran ini ditampung di sejumlah kamp-kamp yang dikelola pemerintah. Namun, kamp-kamp ini sangat tidak layak untuk ditempati para imigran.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif