Korban Kapal Tenggelam di Tunisia Jadi 60 Imigran
Seorang penjaga pantai Tunisia berpatroli di perairan yang biasa digunakan para imigran gelap dalam upaya mereka mencapai Italia, 30 Maret 2017. (Foto: AFP/MOHAMED KHALIL)
Tunis: Korban tewas kapal tenggelam di lepas pantai Tunisia bertambah dari 48 menjadi 60 orang. Kapal tersebut tenggelam dalam perjalanan dari Tunisia menuju Eropa pada akhir pekan kemarin.

Menurut keterangan Organisasi Migrasi Internasional atau IOM, Selasa 5 Juni 2018, 48 dari 60 korban tewas adalah warga negara Tunisia. 

Sementara sisanya adalah warga asing yang kewarganegaraannya belum dapat diidentifikasi.


"Para korban selamat mengaku membayar antara 2.000 hingga 3.000 dinar kepada jaringan penyelundup manusia agar bisa naik kapal," ujar juru bicara IOM, seperti dikutip dari Middle East Monitor.

"Tragedi ini terjadi saat IOM mencatat kedatangan 1.910 imigran Tunisia ke Italia via jalur laut antara 1 Januari hingga 30 April 2018," lanjut dia.

Tahun lalu di periode sama, angka imigran dari Tunisia ke Italia hanya 231. Italia adalah salah satu tujuan favorit imigran yang berasal dari benya Afrika.

Sementara itu Menteri Dalam Negeri Italia Matteo Salvini meminta pemerintah daerah Sicilia berhenti menerima pengungsi, sehingga kawasan tersebut tidak lagi dianggap sebagai "kamp imigran Eropa."

Salvini, pemimpin dari Partai Liga yang berhaluan sayap kanan, menegaskan sikapnya bukan merujuk pada "garis keras, namun sesuai dengan akal sehat."



(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id