Pangarmabar dan KSAL 4 Negara Bahas Peningkatan Kerja Sama
Pangarmabar Laksamana Muda Yudo Margono (kedua dari kanan) melakukan pertemuan dengan KASAL Iran Hossein Khanzadi (Foto: Dok. TNI AL).
Jakarta: Samudera Hindia memegang peranan penting dalam kemaritiman dunia. Angkatan Laut dari negara-negara yang bersentuhan dengan Samudera Hindia melakukan pertemuan di Teheran, Iran.
 
Dalam ajang Indian Ocean Naval Symposium (IONS) ke-6 di Teheran, delegasi Indonesia dipimpin oleh Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI Yudo Margono. Tak hanya membahas mengenai keamanan maritim di Samudera Hindia, Yudo juga melakukan serangkaian pertemuan bilateral dengan rekannya pada Rabu 25 April 2018.
 
Di antaranya pertemuan bilateral tersebut dilaksanakan dengan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Sri Lanka Laksamana Madya Sirimevan Ranasinghe, KSAL Rusia Laksamana Vladimir Korolyov, KSAL Belanda Laksamana Madya Rob Kramer, dan KSAL Iran Laksamana Muda Hossein Khanzadi.
 
Pertemuan tersebut membahas peningkatan kerja sama antar Angkatan Laut peserta IONS. Bersama KASAL Sri Lanka, Pangarmabar Yudo membahas poin-poin penting di antaranya, Indonesia akan memberikan dukungan Sri Lanka sebagai Observer Western Pacific Naval Symposium (WPNS). Dibahas pula pelaksanaan Navy To Navy Talk (NTNT) antara Sri Lanka Navy dengan TNI AL dalam rangka meningkatkan kerja sama di bidang pendidikan serta pelaksanaan latihan yang lebih intensif.
 
Ucapan terima kasih disampaikan oleh KSAL Iran Hossein atas kehadiran Pangarmabar yang memimpin delegasi Indonesia. "Kedua tokoh membahas  adanya peningkatan latihan bersama, saling berbagi infomasi, pelaksanaan patroli bersama dan Navy To Navy Talk (NTNT)," pernyataan TNI AL, dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Kamis, 26 April 2018.
 
Ada hal yang menarik ketika Yudo bertemu dengan Korolyov. Korolyov berharap TNI AL bisa menghadirkan KRI Bima Suci dalam even Sail Regatta di Vladivostok dan rencana Navy Parade pada Juli 2018 di St Petersburg.
 
Pangarmabar mengakhiri pertemuan bilateral dengan Kramer. Keduanya membahas tentang perlunya peningkatan kerja sama latihan maupun pertukaran perwira dalam bentuk training ataupun pendidikan. Kepada Laksamana Muda Yudo, Pemerintah Belanda mengharapkan TNI AL dapat menghadirkan kapal latih pada kegiatan Sail Amsterdam tahun 2020.
 
Pertemuan IONS adalah pertemuan dua tahunan dari para anggota untuk membahas keamanan maritim di Samudera Hindia. Pada IONS 2018 diikuti 23 anggota permanen dan sembilan observer.



(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360